by

2019, Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Mapolsek

SUMBER, SC- Awal tahun 2019 Dirlantas Polda Jabar akan launching program baru pelayanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Jika sebelumnya pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor hanya bisa dilakukan di kantor Samsat dan otlet-otlet tertentu, kini dengan programunggulan Polda Jabar itu masyarakat wajib pajak (WP) kendaraan bermotor bisa melakukan pembayaran pajak tahunan di Polsek-Polsek tipe urban di seluruh JawaBarat. 

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto melalui Kasat Lantas Polres Cirebon, AKP Ahmat Troy Aprio mengatakan, di wilayah Kabupaten Cirebon Polsek tipe urban yang disiapkan untuk melayani pembayaran pajak tahunan adalah Polsek Arjawinangun, Polsek Gempol, dan Polsek Losari.

“Ini program unggulan Dirlantas Polda Jabar, nanti perpanjangan pajak tahunan bisa dilakukan di Markas Polsek (Mapolsek) tipe urban. Di Kabupaten Cirebon Polsek urban yang disiapkan ada di wilayah barat dan timur,” papar Kasat Lantas di ruang kerjanya, Rabu (12/12/2018). 

Menurut Ahmat Troy, dari lima Polsek urban yang ada di wilayah hukum Polres Cirebon, pihaknya hanya menyiapkan tiga Polsek urban untuk melayani pembayaran pajak tersebut. Pemilihan Polsek urban tersebut berdasarkan domisili masyarakat yang jauh dari kantor Samsat.

Kendati Polsek Weru termasuk Polsek urban, namun pihaknya tidak menjadikan Polsek tersebut untuk melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pasalnya, domisili masyarakat diwilayah Weru dan sekitarnya dinilai masih dekat dengan kantor Samsat.

“Masyarakat yang domisilinya jauh dari Samsat, maka pembayaran pajaknya bisa dilakukan di Polsek-Polsek tersebut. Program itu intinya untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” ujarnya.

Dijelaskan, di setiap Polsek tersebut pihaknya akan menempatkan petugas Samsat untuk melayani masyarakat WP. Saat ini, pihaknya masih melakukan persiapan tahap akhir.

Dia mastikan dalam satu hingga dua minggu kedepan persiapan akhir sudah selesai. “Persiapan akhir sudah oke, tapi launching masih menunggu kapolda dan Dirlantas,” kata dia.

Launching program tersebut akan dilakukan secara serentak di seluruh Polres-Polres di Jawa Barat. “Nanti setelah di launching, Polsek sudah bisa melayani pelayanan perpanjangan pajak tahunan,” ungkapnya. (Islah) 

Comment

News Feed