by

Diguyur Rp65 M Lagi

Urunan Pemprov-Pemkab untuk Selesaikan Stadion Watubelah yang Mangkrak

SUMBER, SC- Kabar baik untuk masyarakat Kabupaten Cirebon datang dari dunia olahraga. Setelah sekian lama mangkrak, tahun 2019 nanti Stadion Watubelah, Sumber bakal diteruskan pembangunannya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon berencana melanjutkan pembangunan stadion tersebut. Untuk kelanjutan proses pembangunan stadion, pemkab dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah menyiapkan anggaran melalui APBD 2019 sebesar Rp65 miliar.

Hal itu diketahui ketika Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cirebon,  Sukma Nugraha meninjau Stadion Watubelah, Selasa (4/11/2018). Menurut Dicky, kesepakatan pembangunan lanjutan stadion tersebut dicapai setelah pihaknya berdiskusi dengan pihak Bappelitbangda dan DPPKPP.

“Kabar baiknya di tahun 2019 pembangunan stadion ini akan kita lanjutkan. Di mana kita punya anggaran tidak hanya dari APBD Kabupaten Cirebon, tapi juga dapat bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat melalui bantuan keuangan,” paparnya.

Dijelaskan, anggaran yang tersedia senilai Rp65 miliar itu masing-masing dari APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp35 miliar dan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar sebesar Rp30 miliar. Pada pelaksanaannya nanti, pembangunan tribun barat dan timur akan dibangun sama yakni memakai penutup.

“Tribun timur yang pakai atap dan tribun selatan yang tidak pakai atap akan dibangun melalui anggaran APBD Kabupaten Cirebon. Sedangkan tribun barat yang pakai atap dan tribun utara akan menggunakan anggaran bantuan pemprov,” beber Dicky.

Namun demikian, pihaknya harus mengetahui dulu review master plan-nya. Ia menjadwalkan pada awal 2019 nanti review master plan sudah selesai.

“Sehingga nanti akan diketahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan stadion hingga mencapai seratus persen,” ujar Dicky.

Setelah diketahui anggaran dari 100 persennya dan disepakati, maka itu yang akan jadi pedoman dalam menyelesaikan pembangunan stadion. Karena, Pemkab Cirebon ingin agar pembangunan bukan hanya pada stadionnya, tapi juga dengan membangun unsur pendukungnya seperti parkir, taman, dan akses jalannya.

“Diprediksi belum selesai semuanya melalui APBD 2019 itu, tapi setidaknya sudah diketahui progresnya. Walaupun nanti belum seratus persen tapi secara fungsional stadion sudah bisa digunakan,” ujarnya. (Islah)

Comment

News Feed