by

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mendapat ISO 9001 2015

CIREBON, SC- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mendapat sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 9001 2015 dari PT TUV Rheinland Indonesia. Sertifikat ini sebagai bukti bahwa institut tersebut telah memelihara sistem manajemen mutu sesuai persyaratan yang ditentukan perusahaan yang bergerak di bidang usaha sertifikasi untuk sistem produk dan manajemen ini.

ISO adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, audit sertifikasi tersebut telah dilaksanakan selama tiga hari, yaitu sejak 28 hingga 30 November 2018 lalu. Dengan diraihnya ISO ini, pihaknya mengaku merasa lebih percaya diri dalam tata kelola kampus.

Selain itu, lajut dia, kampus ini juga terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh steakholder, sehingga hal ini dapat mencerminkan IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah lembaga yang professional.

“Alhamdulillah kami sudah mendapat pengakuan secara internasional. Artinya jika sudah mendapatkan ISO ini kita sudah diakui dan terprogram. Dari sisi pelayanan kita sudah memenuhi syarat dan bisa dipertanggungjawabkan. Jadi fakultas-fakultas, program-program sudah terakses dan sudah mendapatkan pengakuan ISO 9001 2015, ini yang standar internasional,” papar Sumanta, Kamis (6/12/2018).

Disinggung terkait didapatkannya ISO untuk meningkat status IAIN menjadi Universtitas Islam Negeri (UIN), dia menjelaskan, salah satunya memang seperti itu. Tetapi apapun statusnya, pelayanan kepada semua steakhoder harus tetap prima.

“Secara alamiah memang seperti itu melalui pengembangan. Tapi dalam konteks pelayanan, UIN, IAIN, STAIN apapun itu namanya, pelayanan kepada steakholder mulai dari sarana dan prasarana dan semuanya harus tetap prima. Dengan didapatkannya ISO ini IAIN mendapat pengakuan, tidak hanya regional, nasional, tapi juga internasional untuk mengembangkan visi kita yaitu menjadi perguruan tinggi islam yang unggul dan terkemuka dalam kajian keislaman,” pungkasnya. (Arif)

Comment

News Feed