by

Istri Bupati ‘Beberesih’ Bersama Masyarakat

Kesadaran Menjaga Kebersihan Masih Rendah

 KUNINGAN, SC– Beberapa hari pasca pelantikan Bupati-Wakil Bupati Kuningan Periode 2018-2023, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten yang juga isteri Bupati H. Acep Purnama langsung melakukan ‘beberesih’ bersama masyarakat.

‘Beberesih’ yang dilakukan isteri Bupati Acep, Hj. Ika Siti Rahmatika, SE., (Ika AcepPurnama) memang program Jumat Bersih yang sudah menjadi program Pemkab Kuningan dan salah satu program PKK. Akan tetapi, ada satu yang menjadi pusat perhatian dalam kegiatan itu, yakni, Ika Purnama terjun langsung menyisir jalan-jalan pasar, desa, dan bagian parit yang terlihat kumuh.

Jumat Bersih perdana-nya sejak pelantikan bupati-wakil bupati pada Selasa (4/12/2018), digelar di Ciawigebang pada Jumat (7/12/2018), sejak pukul 08.00 wib hingga pukul 11.00 wib. Ia mengajak isteri Wakil Bupati M. Ridho Suganda, Yoan Ridho Suganda, dan juga isteri Sekda. Didamingi pula oleh sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Kuningan dan Kecamatan Ciawigebang.

Dia bukan hanya mengajak kepada masyarakat Kuningan untuk mengutamakan kebersihan, tapi ia memberikan langsung dengan menyapu, membabat rumput dan berbaur dengan masyarakat sekitarnya.

“Saya ingin masyarakat Kuningan sadar akan pentingnya kebersihan, baik di rumahnya maupun di lingkungannya. Karena itu, saya bukan sekedar mengajak, tapi ayo bersama kami, mulai hidup bersih sejak sekarang, dari hal yang terkecil hingga kita terbiasa melakukannya setiap hari, di lingkup apapun,” papar Ika Acep Purnama.

Ciawigebang menjadi sasaran perdana kunjungan kerja Hj. Ika Acep Purnama, dikarenakan, Ciawigebang adalah daerah yang padat penduduk, memiliki pasar tradisional yang cukup ramai, dan sebagian besar penduduk di Ciawigebang berada pada tingkat ekonomi atas, namun kesadaran menjaga kebersihannya masih rendah.

“Kedepan bukan sekedar di Kecamatan Ciaiwigebang saja, tapi harus merata di semua kecamatan, semua desa untuk menggalakan Jumat Bersih. Ini dilakukan dalam rangka menuju Kuningan sehat dan Kuningan maju,” ujarnya.   

Camat Ciawigebang, Ruslani, S.Sos., siap mendukung program dan mensukseskan program tersebut. Ajakan kepada masyarakat untuk sadar terhadap kebersihan, akan dilakukan berbagai even dan media, seperti melalui kegiatan posyandu, rapat-rapat rutin dan tentunya aksi langsung seminggu sekali, tepatnya setiap Jumat dengan mengajak masyarakat menyisir jalan-jalan, lingkungan sekitarnya untuk dibersihkan. (Nung kh)

Comment

News Feed