by

Kotak Pena Polindra Gelar Seminar Jurnalistik

INDRAMAYU, SC – Komunitas Jurnalis Universitas Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) yang tergabung dalam wadah Kotak Pena mengadakan seminar jurnalistik bertema Mengenal Pers Sebagai Media Informasi di Era Digital,  di Aula Polindra pada Sabtu (15/12/2018).

Para peserta dari mahasiswa Polindra yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias ingin mengetahui lebih banyak tentang dunia jurnalistik. Sedangkan untuk pemateri dalam kegiatan menghadirkan beberapa jurnalis senior yakni Agung Nugroho dari HU Pikiran Rakyat dan Heri Sutarma dari  Media Parlemen.

“Ini kegiatan positif, menjadikan jurnalisme sebagai tema kegiatan, minimal peserta mengenal jurnalistik, setelah mengenal mereka mencintai, kemudian setelah mencintai mereka melakukan aktivitas jurnalistik,” kata Agung diwawancarai usai kegiatan.

Sebagai salah satu pemateri, Agung memberi wawasan pada para peserta tentang cara menulis berita yang baik dan tidak keluar jalur Undang – undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Tadi saya juga menjelaskan koridor – koridor tentang jurnalistik, tentunya karya dari peserta tadi nantinya membuat tulisan yang sesuai koridor jurnalistik, selain dari koridor tekhnis seperti judul, lead, isi, 5W1H, struktur piramida terbalik, juga yang terpenting aspek etikanya, aspek moralnya, aspek legalnya, supaya peserta tidak memproduksi berita yang tidak sesuai kaidah,” tandasnya.

Dia berharap, semakin banyak orang yang mencintai jurnalistik, makin terbuka bahwa nanti kedepan dunia jurnalistik menjadi bangkit lagi, menjadi pilihan banyak orang baik itu sebagai profesi maupun sebagai keterampilan yang lebih bersifat individual.

Masih pada tempat yang sama M. Syahndra Ramadhan (19) selaku ketua pelaksana seminar mengungkapkan betapa antusiasnya peserta seminar yang digelarnya “Alhamdulillah acara ini berjalan lancar, dan peserta pun antusias mengikuti acara tersebut,” ucapnya.

Dia mengungkapkan bahwa acara tersebut untuk yang kedua kalinya, dan berharap ke depannya akan terus berjalan. “Ini acara yang kedua kalinya,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Syahndra ini berharap ke depannya Kotak Pena ini tetap eksis dan terus berkembang. “Harapan saya komunitas ini terus berkembang, dan bukan hanya eksis di ruang lingkup kampus saja, tetapi juga di luar kampus,” pungkasnya. (C. Tisna)

Comment

News Feed