by

Wujudkan WBK, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tandatangani Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kota Cirebon

CIREBON, SC- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menandatangani kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Senin (21/1). Penandatanganan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari program wilayah bebas korupsi (WBK) yang dimiliki kampus tersebut.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta MAg menjelaskan, sebagai lembaga pendidikan yang berdiri di bawah naungan Kementerian Agama, pihaknya perlu mengupdate setiap peraturan dan perundang-undangan yang berjalan dengan dinamis. Sehingga kegiatan dan aktifitas di kampus yang dipimpinnya ini dapat dipertanggungjawabkan dan berjalan sesuai koridor hukum yang berlaku.

“Kejaksaan ini mempunyai program wilayah bebas korupsi dan kami juga mempunyai program itu. Salahsatu tujuan kegiatan ini untuk mencegah korupsi, karena mencegahan kan lebih baik daripada mengobati. Selain itu, dengan adanya kerjasama ini juga kami dapat mengupdate regulasi. Undang-undang itu kan dinamis, jadi lembaga juga harus update kan ” jelasnya kepada Suara Cirebon.

Selain di bidang hukum, lanjut dia, kerjasama ini juga mencakup dalam unsur pendidikan. Pasalnya, menurut Sumanta, dalam proses kegiatan belajar mahasiswa tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tapi juga di lapangan sebagai implementasi dari hasil belajar yang telah mereka dapatkan di kampus tersebut, yaitu untuk jurusan hukum tata negara dan hukum keluarga.

“Penandatangan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kota Cirebon ini juga dalam unsur pendidikan, contohnya PPL. Kemarin mahasiswa kami juga ada yang PPL di sana dan inikan memang harus dikoordinasikan juga. Semoga jalinan kerjasama antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Kejaksaan Negeri Kota Cirebon ini dapat semakin erat dan bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan dan pendidikan di lingkungan kampus ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Muhammad Syarifudin SH MH mengungkapkan, kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini sebenarnya telah terjalin sejak 2015 lalu, sehingga hal ini perlu untuk diperbaharui. Kerjasa tersebut, kata dia, ialah di bidang perdata dan tata usaha negara.

“Alhamdulillah kita sudah bekerjasama. Jadi ketika IAIN Syekh Nurjati Cirebon menghadapi permasalahan di bidang perdata dan tata usaha negara kami siap bantu. Banyak yang dapat kita manfaatkan dari kejaksaan, karena setiap hari kita tidak lepas dari permasalahan hukum. Insya allah kerjasama ini dapat bermanfaat,” pungkasnya. (Arif)

Comment

News Feed