by

Banyak Bantuan Tak Tepat Sasaran

Pemdes Karangwangi Data Ulang Penerima PKH dan BPNT

KARANGWARENG, SC-  Pemerintahan Desa Karangwangi, Kecamatan Karang Wareng Kabupaten Cirebon, melakukan pendataan awal terhadap masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kuwu Desa Karangwangi, Sumad Suparman mengatakan, langkah ini diambil karena selama ini banyak penerima bantuan yang tidak tepat sasaran. Banyak program bantuan sosial yang tidak tepat sasaran dan kerap menimbulkan persoalan.

“Pendataan ini kami lakukan agar tidak terdapat lagi program bantuan dari pemerintah yang tidak tepat sasaran. Karena selama ini, program bantuan seperti PKH dan BPNT dirasa banyak yang tidak tepat sasaran,“ ungkap Kuwu Karangwangi, Sumad Suparman kepada Suara Cirebon, Selasa (2/7).

Dijelaskan Kuwu Samad Suparman, sebenarnya yang dilakukan pemdesnya saat ini hanya menampung data sementara masyarakat. Nantinya akan dilakukan pendataan ulang dengan melibatkan berbagai unsur, baik itu RT/RW maupun BPD dan lembaga desa lainnya.

Kaur Kesra Desa Karangwangi, Abdul Kholik  menambahkan, setelah pendataan ini akan ada petugas yang melakukan pendataan ulang. Baik data untuk PKH maupun penerima BPNT.

“Namun karena hal tersebut belum dilaksanakan petugas PKH maupun BPNT, maka tidak ada salahnya kami melakukan pendataan awal sementara. Toh pada akhirnya semua data yang masuk akan dilakukan validasi oleh instansi terkait,” jeas Abdul Kholik.

Menurutnya, banyak warga yang seharusnya menerima bantuan malah tidak dapat. Sehinga perlu pendataa ulang dengan melibatkan berbagai pihak. Agar masyarakat yang berhak benar-benar dapat merasakan haknya.

“Seperti di Desa Karangwangi saat ini warga penerima bantuan berupa BPNT sebanyak 243 orang, dari total jumlah penduduk sebanyak 3.758. Setelah pendataan tentu kami harapkan penerima bisa sesuai keadaan sebenarnya di masyarakat,” pungkas Abdul Kholik.  (Agus)

Comment

News Feed