by

Kasubag Humas IAIN Cirebon Ikuti Raker Kehumasan PTKIN seluruh Indonesia dalam Pionir ke IX Malang

MALANG, SC- Kasubag Humas dan Publikasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, H Mohamad Arifin mengikuti Rapat Kerja (Raker) Kehumasan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), Senin (15/7/2019).

Selain perlombaan dan pertandingan, Raker Kehumasan ini juga digelar dalam acara Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) ke IX yang membahas berbagai peranan humas di lingkungan dan wilayah kerja di satuan kerja masing-masing.

Event dua tahunan yang dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin ini mengusung tema Spirit of Unity. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin hubungan silaturahmi untuk merajut tenun kebangsaan antar PTKIN se-Indonesia.

Bahkan, Arifin menjelaskan, dalam kegiatan ini juga dilangsungkan pertemuan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) PTKIN seluruh Indonesia. Para pimpinan mahasiswa tersebut diminta menulis essai dengan 4 tema yang sudah ditentukan. Hal itu merupakan salahsatu persyaratan untuk menunjang esensi pertemuan tersebut.

“Di tingkat Universitas, DEMA dan SEMA adalah organisasi mahasiswa tertinggi. Seluruh Ketua DEMA SEMA di PTKIN diundang oleh Arskal Salim GP Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Dijen Pendidikan Islam Kementerian Agama untuk mengikuti kegiatan ini, termasuk DEMA dan SEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” jelasnya.

Senada dikatakan Menag, Arifin juga mengungkapkan, PIONIR ke IX 2019 yang tengah berjalan ini dapat mempererat tali silaturahmi anak bangsa dan memperteguh persatuan antar PTKIN se-Indonesia. Sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik, olahraga, seni, dan mencari bibit unggul dalam lingkup nasional.

“Dari 39 cabang yang akan dilombakan dan dipertandingkan ini terbagi dalam empat kategori, yaitu cabang Ilmiah, Olahraga, Seni dan cabang Riset. Tercatat 3.500 mahasiswa utusan dari 7 STAIN, 34 IAIN, dan 17 UIN bergabung di PIONIR 2019 termasuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Insya Allah kami mampu berprestasi dan membawa pulang gelar juara,” tandasnya. (Arif)

Comment