by

Kedatangan 1572 Mahasiswa IAIN Sykeh Nurjati Cirebon Disambut Pemkab Brebes

BREBES, SC- Sebanyak 1572 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon disambut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes,  Kamis (11/7/2019). Penyambutan ini berkaitan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan dilaksanakan para mahasiswa ini di kabupaten tersebut selama 40 hari ke depan.

Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Dr Angkatno SH MPd mengatakan, KKN ini merupakan bentuk kerjasama IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Pemerintah Kabupaten Brebes. Sehingga kegiatan ini dapat membantu pembangunan masyarakat di kabupaten tersebut.

Untuk itu, melalui KKN ini, para mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon tersebut dapat mengamalkan ilmu yang mereka dapatkan untuk membantu masyarakat setempat mengembangkan potensi daerah. Bahkan, mahasiswa juga diharapkan dapat belajar berbagai kearifan lokal dari masyarakat setempat.

“KKN bukan hanya seremonial dan menggugurkan kewajiban saja, akan tetapi KKN bisa menjadi media pembelajaran dan sebagai bentuk kontribusi nyata konsep pemberdayaan masyarakat yang diajarkan di perkuliahan,” katanya ketika memberikan sambutan dalam acara penyambutan yang dilangsungkan di kantor Baperlitbangda Kabupaten Brebes ini.

Sementara itu, dalam kesempatan ini rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menyampaikan rasa terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Brebes yang telah menjalin bekerjasama dengan kampus yang dipimpinnya ini sebagai tempat pelaksanaan KKN.

“KKN bisa menjadi sebuah bekal setelah mahasiswa lulus. Mahasiswa harus bisa hidup, belajar dan bekerja di masyarakat. Mahasiswa harus bisa menggunakan metode PAR (Parcipatory Action Research) saat belajar dalam lingkungan masyarakat. Kita berasal dari perguruan tinggi agama, tunjukanlah nilai-nilai agama dalam keseharian. Selain membawa misi keilmuan juga membawa misi keislaman,” tandasnya. (Arif)

Comment