by

Kloter Pertama Berangkat 7 Juli

Karena Faktor Cuaca Saudi Calhaj Diminta Tidak Sering Keluar

SUMBER, SC- Kloter pertama calon haji (calhaj) Kabupaten Cirebon sudah siap diberangkatkan pada 7 Juli mendatang. Pada H-3 sebelum keberangkatan, seluruh barang bawaan cakhaj sudah harus diantarkan ke Kemenag untuk segera dikirim ke Bekasi.

Hal itu disampaikan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon, Khidir usai pelaksanaan bimbingan Manasik Haji tahap kedua yang dilakukan di Masjid Agung, Sumber, Cirebon, Selasa (02/7).

Menurut Khidir, calhaj Kabupaten Cirebon terbagi dalam tujuh kloter. Dari tujuh kloter itu terdapat satu kloter yang tidak terisi penuh calhaj. Sehingga, satu kloter digabung dengan jamaah dari Kota Cirebon dan Bekasi.

Alhamdulillah manasik tahap kedua ini sudah persiapan pemberangkatan, di mana Kabupaten Cirebon ada 7 kloter. Namun yang utuh hanya 6 kloter,” ujar Khidir.

Keenam kloter itu, kata Khidir, akan siap berangkat pada 7 Juli mendatang. Mereka dijadwalkan berangkat melalui embarkasi Bekasi, dikarenakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dinyatakan masih belum siap.

“Kalau barang-barang sudah didistribusikan ke KBIH masing-masing jamaah. Diharapkan pada H-3 nanti harus sudah diantar ke kemenag, nanti dikirim ke Bekasi,” kata Khidir.

Sedangkan mekanisme pemberangkatannya, lanjut Khidir, seluruh calon jamaah sudah harus ada di Asrama Haji Watubelah sebelum pukul 08.25. Karena, Kemenag menjadwalkan keberangkatan calhaj Kabupaten Cirebon pada pukul 08.25.

“Jam 08.25 itu sudah berangkat dari Asrama Haji Watubelah, karena di Embarkasi Bekasi dijadwalkan harus tepat waktu, yaitu harus sudah sampai di sana pada pukul 14.25,” jelasnya.

Namun diakui Khidir, secara keseluruhan memang masih ada beberapa calon jamaah haji yang masih dalam proses, karena terkait kuota tambahan yang dimiliki Kabupaten Cirebon. Beruntung, untuk calon haji yang masuk dalam penambahan kuota akan diberangkatkan pada kloter akhir, sehingga masih ada waktu untuk persiapan.

“Ada 23 jamaah, tapi ada yang sudah siap ada yang masih proses. Tapi karena yang penambahan kuota ini berangkatnya akhir maka masih ada waktu untuk persiapan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi yang turut hadir dalam acara bimbingan manasik tahap kedua itu berpesan agar jamaah haji tidak sering-sering keluar gedung setibanya di tujuan. Terlebih bagi calon Jamaah Haji yang berusia lanjut, karena saat ini sedang musim panas.

“Karena sekarang panas, jadi jamaah haji jangan sering keluar gedung kalau tidak ada kepentingan yang penting, apalagi untuk yang lansia,” katanya. (Islah)

Comment

News Feed