by

Minat Baca Meningkat Perpustakaan Daerah Selalu Ramai

Perpustakaan Daerah Buka Layanan Sabtu-Minggu

SUMBER, SC- Minat baca  masyarakat dan pelajar di Kabupaten Cirebon semakin meningkat.  Terlihat dari volume pengunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon, setiap harinya mencapai 100 lebih pengunjung.

Hal itu diakui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Cirebon Hartono, melalui Kepala Seksi Layanan Perpustaakan Kabupaten Cirebon Harcan. Diakuinya, sejak liburan sekolah kemarin minat baca di kalangan masyarakat sudah meningkat dan stabil lagi.

“Bulan-bulan sekarang sudah mulai naik lagi. Setelah liburan sekolah kemarin alhamdulillah sudah mulai stabil. Tidak kurang dari 100 pengunjung pustakawan ke perpustakaan daerah,” katanya kepada Suara Cirebon, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/7).

Selain itu, Harcan juga menyampaikan, pelayanan perpustakaan sampai hari Minggu. Meskipun  di hari libur perpustakaan daerah tetap buka. “Selama tujuh hari full buka. Pelayan tujuh hari ini, memberikan kesempatan untuk pelajar atau SMA yang full day tidak mengakses buku-buku karena  jam belajar sampai sore. Sehingga mereka bisa ke perpustakaan Sabtu dan Minggu.  Makanya kami coba untuk memberikan layanan di hari Sabtu dan Minggu buka,” katanya.

Di bukanya Perpustakaan Daerah para hari libur, diakui Harcan berdasar permintaan dari masyarakat terurtama ibu-ibu. Supaya mereka bisa mengantar anak-anaknya ke perpustakaan daerah.

Selain memberikan fasilitas buku yang setiap bulannya up to date, Perpustakaan Daerah memberikan form kepada pembaca yang berisi untuk menymbang untuk penambahan koleksi buku perpustakaan.

”Nanti si pengunjung atau pembaca diberi form untuk diisi penambahan buku. Karena mengelola perpustakaan itu sama saja kaya mengelola sembako, tetap saja ada yang kurang. Untuk  melengkapinya dari mereka para pembaca,” paparnya.

Untuk memancing minat baca kepada masyarakat Kabupaten Cirebon, pihaknya sudah menjalankan pelayanan seperti Perpustakaan Keliling dengan 3 armada mobil. ”Kami alhamdulillah di samping layanan perpustakaan secara langsung. Ada juga Kotak Literasi Cerdas (Kolecer)  yang di taman PKK itu. Kami uga merangkul komunitas pegiat literasi, setiap per dua bulan kami kumpulkan mereka,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Literasi Senja Cirebon, Riyan Haryanto SH, mengatakan minat baca di wilayah Kabupaten Cirebon cukup tinggi dan semakin membaik.

“Cukup tinggi yah minat baca di Cirebon ini, dengan tumbuh suburnya komunitas-komunitas membaca,” ujarnya melalui sambungan telepon kepada Suara Cirebon.

Lanjut Riyan, mereka para pegiat literasi ini akan menunjang daya baca masyarakat di Cirebon karena buku datang ke masyarakat dan ruang-ruang diskusi. (M. Surya)

Comment