by

6 Jamaah Haji Wafat di Tanah Suci

Semua Jenazah Dimakamkan di Arab Saudi

SUMBER, SC- Jelang pemulangan Jamaah Haji Indonesia dari Tanah Suci, enam jamaah haji asal Kabupaten Cirebon dikabarkan meninggal dunia di Kota Mekah, Arab Saudi. Enam jamaah haji yang meninggal dunia, rata-rata sudah berusia lanjut.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon, Khidir, mengatakan, ke enam jamaah haji itu meninggal dunia usai melaksanakan semua prosesi ibadah haji. “Dari total 2.282 jamaah haji asal kabupaten cirebon, ada enam jamaah yang meninggal. Dan mereka memang sudah berusia lanjut,” ujar Khidir.

Ke enam jamaah itu adalah Ermadia Setia Umbara asal Desa Asem, Kecamatan Lemahabang dari Kloter 52 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Wadifatimah, meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Arab Saudi. Rusja asal Desa Waled, Kecamatan Waled dari kloter 5 KBIH Muawanah, meninggal dunia di RS King Abdul Aziz, Mekkah. Mukali Sukmajati asal Desa Kelurahan Sidawangi, Kecamatan Sumber dari KBIH An-Naser, meninggal dunia RS Jabal Rahmah.

Radija Saman Aksan, asal Desa Karangreja, Kecamatan Suranenggala dari kloter 57 KBIH Nurul Hidayah, meninggal dunia di Hotel Abeer, Arab Saudi. Satiyem, jamaah haji asal Desa Panunggul, Kecamatan Gegesik, dari kloter 32 KBIH Aziziyah, meninggal dunia di Hotel Abeer, Arab Saudi. Dan terakhir, Mohamad Anwar, jamaah haji asal Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun dari kloter 32 KBIH Al-Washliyah, meninggal dunia di Hotel yang sama.

Dijelaskan Khidir, berdasarkan kesepakatan dengan pihak keluarga, jenazah ke enam jamaah haji tersebut dimakamkan di Arab Saudi. “Ke enam jamaah tersebut masuk dalam jumlah 47 jamaah haji asal jawa barat yang meninggal dunia di tanah suci,” paparnya.

Ia berharap, hingga tuntas pemulangan seluruh jamaah, jumlah tersebut tidak bertambah. Dan jamaah haji bisa kembali pulang ke kampung halaman bersama keluarga dan menjadi haji yang mabrur. (Islah)

Comment