by

Greged Sulit Air Bersih

BPBD Kirim Bantuan Lima Kali Mobil Tangki

GREGED, SC-  Musim kemarau tahun ini tidak saja mengakibatkan kesulitan air para petani mengairi sawahnya, namun dirasakan pula masyarakat mendapatkan air bersih untuk konsumsi.

Desa/Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon termasuk desa yang mengalami kesulitan air. Sekretaris Desa Greged, kecamatan Greged, Maman, mengungkapkan daerahnya masuk zona kekurangan air bersih.

“Kami dari Pemerintahan Desa Greged telah berupaya semaksimal mungkin untuk menangani kesulitan air yang dirasakan petani dan masyarakat umum. Namun karena kemarauini  mengakibatkan sumber air di desa kami mengalami penurunan yang sangat signifikan,” kata Sekdes Maman.

Namun  demikian, pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat memperoleh air. Dirinya meminta kepada warga juga untuk sama memaklumi kondisi sulita air ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra mengungkapkan, kemarau pada tahun ini diprediksi pihak BMKG terjadi hingga bulan Nopember.

Kabupaten  Cirebon termasuk dalam wilayah yang akan merasakan kemarau hingga akhir bulan Nopember 2019. Dengan adanya kemarau panjang tersebut banyak wilayah yang mengajukan bantuan kepada BPBD untuk pengiriman air bersih ke desa-desa yang kesulitan air.

“Terkait permintaan tersebut, pihak kami telah melakukan pengiriman air bersih ke beberapa desa. Dengan rata-rata perdesa mendapat bantuan sebanyak empat sampai lima kali dengan kapasitas mobil tangki 4.000 liter,” ungkap Dadang Suhendra.  (Agus)

Comment