by

Hutan Kota Sumber Jangan Dialihfungsikan

SUMBER, SC- Terkait perencanaan Hutan Kota Sumber yang akan dijadikan panggung budaya sebagai wujud merealisasikan visi bupati terpilih, yakni Kabupaten Cirebon yang berbudaya. Sudah menjadi perbincangan di ranah Pemerintah Kabupaten.

Namun, mengenai hal itu, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon H Mustofa SH mengakui belum tahu persis. Mustofa belum mendapatkan laporan dari pihak eksekutif terkait pengalihfungsian Hutan Kota Sumber menjadi panggung budaya.

“Jelas kami kaget karena belum tahu dan belum ada laporan dari pihak eksekutif terkait akan dialihfungsikan Hutan Kota Sumber yang akan dijadikan panggung budaya,” katanya, kepada Suara Cirebon, di ruangan kerjanya, kemarin.

Dikatakan Mustofa, tata kelola wilayah Sumber sebagai pusat pemerintahan dan Ibu Kota Kabupaten Cirebon dinilai lebih tertinggal dari wilayah atau kecamatan lainnya.

Tak hanya itu, Mustofa juga menginginkan, Hutan Kota Sumber harus ditata sesuai fungsinya yakni sebagai paru-paru Kabupaten Cirebon. Lokasi yang strategis serta berdekatan dengan pusat pemerintahanan. Baginya penempatan panggung budaya harus ditempatkan di tempat yang lain, selain Hutan Kota Sumber.

“Hutan kota sebagai penyangga untuk penghijauan kota dijadikan panggung budaya. Ini artinya ada pengalihan fungsi, ya kurang baiklah. Kenapa tidak dicarikan tempat lain saja,” katanya.

Dalam waktu terdekat, dikatakan Mustofa pihaknya akan berkomunikasi dengan para eksekutif atau Pemerintah Kabupaten Cirebon soal pengalihfungsian Hutan Kota Sumber menjadi panggung budaya, yang seharusnya ditingkatkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno mengatakan. Pemerintah Kabupaten Cirebon sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangak Menengah Daerah (RPJMD) di tahun 2014-2019 diantaranya menyebutkan, menjadikan daerah tersebut adalah Kabupaten berbudaya.

Selain itu masih dikatakan Rahmat, wacana tersebut salah satu dari permintaan Bupati yang sesuai dengan visinya kabupaten yang berbudaya.  “Permintaan Pak Bupati dalam menunjang kabupaten berbudaya, dalam peninjauan yang dilakukan untuk percepatan program visi misi kepala daerah,” kata Rahmat.

Adapun realisasi program tersebut, kata Rahmat pada tahun ini akan segera digarap dan dilakukan beberapa dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Budaya Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon. (M Surya)

Comment