by

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tingkatkan Standar Jurnal

CIREBON, SC- Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan work shop tata kelola jurnal berbasis aplikasi berstandar Open Journal Systems (OJS) di gedung pascasarjana kampus setempat, Rabu (28/8/2019).

Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Farihin Nur MPd menjelaskan, untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut pihaknya bekerjasama dengan Science and Technology Index (Sinta) sebagai pihak yang dibangun oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia untuk mengukur kinerja ilmu pengetahuan yang salahsatunya meliputi kinerja penelitian dan jurnal yang dibuat oleh dosen.

“Kalau akreditasi itu kan yang menilai BANPT, nah kalau jurnal itu yang menilainya Sinta. Kegiatan ini diikuti 50 dosen di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” kata Farihin kepada Suara Cirebon.

Menurutnya, dengan adanya jurnal elektronik yang bisa diupload maupun diakses secara online, hal ini tentunya dapat mempermudah penyebaran ilmu pengetahuan. Selain itu juga dapat membantu kinerja dosen dalam peningkatan standar jurnal yang diterbitkan, khususnya di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Melalui kegiatan ini, pihaknya juga ingin meningkatkan standar jurnal yang dibuat dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon, jadi tidak hanya standar nasional, tapi bisa meningkatkan hingga standar Internasional.

“Bedanya jurnal elektronik dan non elektrik adalah di bentuk fisiknya. Kalau elektronik itu bisa di akses secara online, sedangkan non elektronik adalah berbentuk paper dan ada bukti fisik kertas. Bisa bayangkan jika berbentuk fisik, itu harus dibawa-bawa kertasnya. Tapi jika elektronik ini kan bisa dilihat dan diupload dimana saja, jadi lebih simpel. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan pencerahan dan pemahaman untuk meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” pungkasnya. (Arif)

Comment