by

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Akan Penuhi Tuntutan Era Industri 4.0

CIREBON, SC- Pascasarjana Instut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan Stadium General bertema ‘Tuntutan Terhadap Pendidikan Berkualitas Pada Era Revolusi Industri 4.0’ di lantai 3 gedung kampus setempat, Sabtu (14/9/2019).

Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Dedi Djubaedi MAg mengatakan, kegiatan yang diikuti 140 peserta terdiri dari guru besar, dosen, mahasiswa S2 dan S3 IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini dilaksanakan setiap tahun.

“Stadium General ini mrupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan di Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Untuk kegiatan tahun ini kami menghadirkan Prof Dr H Muhammad Ali MA mantan Dirjen Pendis sebagai narasumber. Beliau menyampaikan materi terkait tuntutan akan sumber daya insani yang berkualitas di era 4.0. Kita ingin menginspirasi mahasiswa untuk tidak membatasi diri pada ruang lingkup kuliah tapi  dengan pengetahuan yang lebih luas dari beliau,” kata Dedi.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui dosen, tenaga akademik dan semuanya yang berorientasi kepada teknologi seirama dengan perkembangan zaman yang begitu pesat.

“Jadi nanti kita bisa memberikan pelayanan itu seperti smart kampus, segala sesuatunya dilaksanakan dengan pelayanan digital. Karena melihat pentingnya menguasai informasi, teknologi , jaringan yang kuat dan kerjasama dengan berbagai pihak dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengungkapkan, tuntutan kualitas merupakan keniacayaan bagi semua perguruan tinggi. Pasalnya, tanpa kualitas perguruan tinggi akan ditinggalkan oleh konsumennya. Bahkan, di era 4.0 ini menurut penelitian akan ada perguruan tinggi yang gulung tikar jika tidak bisa merespon ilmu, dan hal itu sudah ditandai di beberapa perguruan tinggi swasta.

“Untungnya IAIN Syekh Nurjati merupakan perguruan tinggi negeri, yang masih mendapatkan kucuran bantuan dari pemerintah. Namun, dengan status kita yang PTN, kita harus berupaya agar program studi terakreditasi A, institut harus terakreditasi A dan itu merupakan tuntutan dan tanggungjawab kita bersama,” kata Sumanta saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Untuk itu, demi memenuhi tuntutan tersebut pihaknya mengajak seluruh civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk bersama-sama menjawab tantangan tersebut, tidak hanya rektor tetapi juga seluruh mahasiswa untuk membenahi beberapa kekurangan demi kemajuan institusi tersebut.

“Khusus untuk IAIN, secara kuantitas terus mengalami kenaikan yang sangat signifikan, seperti mahasiswa, dosen dari tahun ke tahun terus meningkat. Jika dijumlah, mahasiswa kita itu sudah mencapai 12 ribu. Jadi jika persyaratan UIN 10 ribu itu kita sudah melampauinya. Kita juga sudah mempunyai laboratorium, gedung baru. Dari segi infrastruktur juga kira terus mengalami peningkatan,” tandasnya. (Arif)

Comment