by

Kisah 1001 Malam di Wisuda XX IAIN Syekh Nurjati Cirebon

ADA yang menarik di acara wisuda XX Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon yang diselenggarakan di Hotel Aston, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (16/10/2019).

Menurut Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg, keunikan tersebut terdapat pada mahasiswa yang diwisuda yaitu berjumlah 1001. Sehingga mengingatkan dirinya pada suatu kisah 1001 malam yang banyak digemari masyarakat dan tentunya memiliki banyak makna.

“Jumlah yang diwisuda ini unik, yaitu 1001, mengingatkan kita pada kisah 1001 malam. Karena pada kisah itu terdapat sebuah kejutan-kejutan,” jelas Sumanta.

Untuk itu, berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya menginginkan agar para wisudawan dan wisudawati ini dapat memberikan kejutan terkait prestasi dan lompatan pemikiran brilian yang dapat memberikan kejutan kepada semua pihak, baik untuk kampus maupun masyarakat.

Selain itu, kisah 1001 malam ini pun menekankan dalam 3 hal kepada para pembaca yang dapat diambil manfaatnya. Yaitu, suatu masalah akan selalu ada penyelesaiannya, keteguhan akan membuat suatu masalah mencapai penyelesaiannya, dan kekuatan batin dapat membantu untuk mempertahankan keteguhan. Sehingga, dengan makna tersebut mahasiswa yang diwisuda ini diharapkan dapat optimis dalam berbagai aktivitasnya setelah diwisuda, baik yang bekerja ataupun yang melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Jadi jumlah itu bisa menjadi inspirasi untuk wisudawan dan wisudawati. Semoga ada prestasi yang mengejutkan, ada lompatan-lompatan pemikiran-pemikiran yang brilian sehingga mereka bisa eksis dalam percaturan zamam era industri 4.0. Acara wisuda ini dibagi menjadi dua, yaitu hari Rabu dan Kamis (16-17/10/2019),” ucap Sumanta. (Arif)

Comment