by

Pemkab Harus Sediakan Sarana TPAS

*** Sebar Armada Angkutan Sampah di Setiap Kecamatan

PABEDILAN, SC – Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Dapil 5, Nurkolis meminta kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk menyediakan fasilitas untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) sehingga masyarakat merasa nyaman.

“Persoalan sampah di wilayah timur Kabupaten Cirebon, masyarakat ingin TPAS bisa difungsikan lagi sehingga pembuangan sampah tidak akan menjadi kendala bagi masyarakat,” kata Nurkolis, Selasa (22/10/2019).

Politisi dari PKS ini menegaskan, Pemda Kabupaten Cirebon harus bisa membenahi sarana dan prasarana yang terkait TPAS. Dari mulai armada pengangut sampah yang setiap kecamatan harus mempunyai satu unit. Ssehingga masalah sampah di tiap-tiap desa bisa tertangani.

“Dana operasional  bagi armada pengangkut sampah harus diperbesar. Biaya operasional untuk sopir juga harus diberikan sesuai dengan beban angkut sampah dalam ritasi kendaraan yang jumlahnya bisa mencapai jutaan ton sampah.  Itu harus diberikan ke sopir angkut sehingga ada kenyamanan yang mengangkut sampah ke TPAS,” tegas Nurkolis.

Selain itu, sarana   TPAS perlu juga ditingkatkan dengan menyediakan mesin sanpah. Pemda harus memberikan pelatihan kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah rumah tangga untuk  bisa diolah menjadi pundi-pundi rupiah. Dengan membuat berbagai kerajinan  yang terbuat dari sampah rumah tangga. “Sinergitas antara pemda, dewan serta pemdes dalam memberikan solusi bagi TPAS  bisa terwujud,”  pungkasnya.  (Dedi)

Comment