by

Pemdes Orimalang Lindungi Masyarakat dari Covid-19

Honda Cirebon

Pemdes Orimalang melakukan penyemprotan lingkungan menggunakan cairan disinfektan

PEMERINTAH Desa (Pemdes) Orimalang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat umum, seperti masjid, musala, taman bermain, jalan dan tempat-tempat lainnya, Kamis (26/03/2020).

Kuwu Orimalang, Bunarso menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah desa setempat. Bahkan, kegiatan itu  dalam rangka menindaklanjuti seruan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun pemerintah kabupaten dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Alhamdulilah pada hari ini kami bersama muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama, BPD, Puskesmas Wangunharja melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat yang ada di wilayah desa kami. Kami bersama-sama masyarakat dan pemerintah kecamatan bersinergi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Ini adalah tindakan nyata dari kami dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19,” katanya Suara Cirebon.

Sohib Suzuki Cirebon

Bahkan, kata Bunarso, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) juga telah menginstruksikan desa harus bisa memprioritaskan di dalam anggaran APBDes perubahan berkaitan dengan tanggap Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya penyemprotan disinfektan ini bisa menjadi pencegahan penyebaran Covid-19. Sumber dana penyemprotannya sendiri berasal dari dana pemerintah desa. Kami juga selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui spanduk-spanduk ataupun secara langsung melalui perangkat desa maupun lembaga-lembaga desa. Itu sudah kami lakukan,” paparnya.

BACA JUGA: Masa Belajar di Rumah Diperpanjang

Melalui kegiatan ini, pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu cuci tangan dengan sabun, hindari keramaian, dan jangan keluar rumah jika tidak ada yang penting, serta selalu makan-makanan yang sehat. Sehingga, kata Bunarso, masyarakat Desa Orimalang dapat mengantisipasi dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Camat Jamblang, Drs H Abadi MSi mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi desa yang telah melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti yang telah dilaksanakan Desa Orimalang ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesetiaan dan loyalitas pada pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah dengan melaksanakan imbauan agar terhindar dari penyebaran virus tersebut.

“Imbauan terhadap pemerintahan desa yang ada di wilayah Kecamatan Jamblang, baik kuwu maupun perangkat desanya  jangan bosan-bosan untuk menyampaikan informasi kepada masyrakat. Yaitu masyarakat jangan sampai keluyuran yang tidak ada tujuannya, lebih baik di rumah saja. Karena virus ini ini sangat mudah menyebar manakalah masyarakat berkumpul ataupun dalam jumlah masa yang banyak,” ujarnya.

BACA JUGA: Diduga Bukan Karena Covid-19, Tapi Jantung

Dia berpesan, agar masyarakat jangan panik dan tetap waspada. Berhati-hati dan lindungi diri, keluarga  dan lingkungan, “terutama harus selalu cuci tangan apalagi sering berwudhlu. Insya Allah bisa terlindungi dari wabah penyakit tersebut,” pungkasnya. (Vicky/Narsita)

Comment

News Feed