by

Pemdes Sitiwinangun Inisiasi Penyemprotan Cairan Disinfektan

JAMBLANG, SC- Pemerintah Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon berupaya menangani penyebaran virus corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah titik, Senin (23/3). Hadir dalam kegiatan ini Camat Jamblang, Kepala Puskesmas Jamblang, kader PKK, Babinsa, Babinkamtibmas, mahasiswa dan Pusat informasi Konseling (PIK) Remaja.

Kuwu Sitiwinangun, Ratija Brata Menggala, mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan tersebut sebagai upaya Pemdes Sitiwinangun dalam mencegah penyebaran virus corona di wilayah setempat. Sebab, penyebaran virus corona di Indonesia khususnya di Cirebon saat ini sudah sangat massif. Sehingga aparatur pemerintah termasuk pemerintah desa harus senantiasa bekerja setidaknya untuk meminimalisir penyebarannya.

BACA JUGA: Cegah Covid-19 Bisa Pakai DD

“Alhamdulillah hari ini kami mencoba melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona di Desa Sitiwinangun,” katanya kepada Suara Cirebon.

Ratija menyebutkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menyemprotkan cairan disinfektan ke fasilitas umum yang biasa didatangi banyak orang, seperti kantor Desa Sitiwinangun, masjid, musola, Sekretariat Kampung KB, show room gerabah, gedung posyandu, sekolah dasar, dan komplek Makam Buyut Kebagusan.

“Penyemprotan ini kami utamakan di tempat-tempat yang sering dikunjungi orang, yaitu fasilitas umum yang ada di Desa Sitiwinangun, karena tempat-tempat umum ini dikhawatirkan menjadi tempat penyebaran virus corona. Sehingga kami malakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya untuk menecegah penyebaran virus (corona) ini, ” ujarnya.

BACA JUGA: Buruh Pengedar Sabu Diringkus Polres Majalengka

Dia menjelaskan, kegiatan penyemprotan ini murni inisiatif dari Pemdes Sitiwinangun yang sumber anggarannya berasal dari desa. Dalam pelaksanaannya pun melibatkan aparat Pemdes setempat, kader PKK, tokoh masyarakat, dan unsur muspika. Bahkan, kegiatan penyemprotan ini pun direncanakan akan kembali dilakukan.

Ratija mengimbau kepada mayarakat agar mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak, anak-anak sekolah pun supaya tetap belajar di rumah. Selain itu masyarakat diharapkan dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Kami berharap masyarakat tidak panik, tapi tetap waspada dengan mengikuti protokol pencegahan virus corona yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan. Ingat, jangan keluyuran untuk urusan yang tidak karuan,” tandasnya.

BACA JUGA: Ruas Jalan di Kota Cirebon Disemprot

Sementara, Camat Jamblang, Drs H Abadi MSi mengapresiasi langkah Pemdes Sitiwinangun yang berinisiatif mencegah penyebaran virus corona di wilayah setempat. “Diharapkan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan Pemdes Sitiwinangun menjadi contoh bagi desa-desa lainnya, terutama di wilayah Kecamatan Jamblang,” tukasnya. (Narsita)

Comment

News Feed