by

Ringankan Beban Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19, Ormawa FUAD IAIN Cirebon Gelar Baksos Serentak

CIREBON, SC- Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar bakti sosial (baksos) serentak, Sabtu, (16/5/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Lampu Merah Pemuda, Pasar Kalitanjung, Jalan Evakuasi, Jalan Majasem, dan Sunyaragi itu merupakan aksi bagi-bagi makanan bagi yang membutuhkan.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurkajati Cirebon, Deden Jalaluddin Sayuti mengatakan, narasi yang tepat untuk situasi seperti sekarang ini adalah kebersamanaan dan kebermanfaatan.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Siapkan 400 Komputer Untuk Tes UM-PTKIN

“Tentu dengan rangkuman kegiatan yang sederhana ini mudah-mudahan bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Untuk itu, dalam kesempatan ini dia mengucakpakan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mendunkung terselenggaranya kegiatan baksos tersebut.

“Mudah-mudahan segala kebaikan dibalas oleh Allah SWT, dan mudah-mudahan kita semua diberikan kesehetan dan selalu ada dalam hidayah, inayah, serta maghfirah-Nya,” ujarnya.

Ketua Senat Mahasiswa (Sema) FUAD, Arif Rahman Hakim menyampaikan, kegiatan baksos ini merupakan sebuah langkah dari mahasiswa FUAD  untuk menanggapi adanya Covid-19 di Indonesia, khususnya di Cirebon yang banyak memengaruhi berbagai sekor, salah satunya ekonomi.

BACA JUGA: Ingin Tahu Besaran UKT di IAIN Cirebon? Ini Daftarnya

“Kami Ormawa FUAD bekerja, baik dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Dema  atau pun Sema untuk mengadakan bakti sosial dengan membagikan sedikit makan kepada para pengemudi ojek, tukang becak yang mereka sangat merasakan dari dampak Covid-19 ini,” terang Arif.

Bahkan ia berharap, setiap individu mahasiswa dapat terbuka untuk masyrakat di sekitarnya sehingga peran mahasiswa bukan hanya penyetabil negara, tetapi juga membantu masyrakat yang kurang mampu.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (Himbasa) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Ninik Sugiyarti mengungkapkan, acara baksos ini sangat menarik dan bermanfaat, karena merupakan kerjasama yang dilakukan oleh semua anggota Ormawa FUAD.

“Pandemi yang sedang mewabah tidak menghalangi kita untuk memberi dan berbagi kebahagiaan kepada untuk orang-orang sekitar. Tentu saja kita berbagi dengan melaksanakan protokol dari pemerintah,” paparnya.

BACA JUGA: HMJ Iqtaf IAIN Cirebon Gelar Halaqah Virtual

Ketua HMJ Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Deni Auliya Fathul Munir menuturkan, dengan sekitar 15 orang dari Ormawa FUAD, ikut serta dalam pembagian makanan kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Tercatat ada 4 titik yang kami sambangi di Pemuda, Majasem, Sunyaragi, dan Kalitanjung. Kurang lebih 40 nasi bungkus dan beberapa takjil dibagikan,” pungkas Deni. (Arif)

Comment