by

Satgas Tanggap Darurat Covid-19 IAIN Cirebon Lakukan Aksi Perangi Corona

KOTA CIREBON, SC- Satgas Tanggap Darurat Covid-19 IAIN Syekh Nurjati Cirebon menunjukkan kepeduliannya teradap penanganan virus Corona. Ini dibuktikan dengan didirikannya Posko Penanganan Covid-19 di Jalan Perjuangan, menyalurkan bantuan, dan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di sejumlah masjid, musholah, dan pemukiman penduduk.

Ketua Satgas Tanggap Covid-19 IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg, mengatakan, pihaknya melakukan penyemprotan di antaranya di RW 10 Widyasari Sunyaragi, RW 06 Harapan Mulya, RW 11 Mekar Mulya, dan RW 15 Nuansa Majasem Karyamulya. Selain itu, kata dia, Satgas juga memberikan bantuan berupa wastafel, masker, dan nasi kotak.

“Kami juga bersama para relawan melakukan talk show online bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirbeon, dokter Edy Sugiarto. Semua ini kami lakukan sebagai bentuk edukasi guna menyerap berbagai informasi mengenai data-data perkembangan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, termasuk data ODP, PDP, maupun OTG, dan pasien positif yang meninggal,” papar Ahmad Yani, Sabtu (2/5/2020)

BACA JUGA: Pendaftaran Guru Ngaji Segera Dibuka, Diutamakan Mahasiswa IAIN Cirebon

Menurutnya, talk show tersebut sangat membantu Satgas Tanggap Covid-19 IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam mengetahui perkembangan Covid-19 di Kota Cirebon yang sebenarnya. Bahkan, pihaknya juga mendapat informasi terkait upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

Yani melanjutkan, Satgas memfokuskan kegiatan pada dua hal, yaitu upaya pencegahan melalui edukasi, konseling dan pendampingan. Kemudian melalui aksi penanggulangan dampak sosial ekonomi.

“Inilah yang sedang kami lakukan dan kami juga sudah membagikan sejumlah wastafel serta hand sanitizer kepada sejumlah masjid, musholah, serta penyemprotan cairan desinfektan ke permukiman warga,” terangnya.

Kegiatan yang digelar bersama para relawan Satgas ini, kata dia, juga mendapat respon positif masyarakat.

BACA JUGA: Terkait Diskon UKT, IAIN Cirebon Ikuti Instruksi Pusat

“Masih ada sejumlah program yang nanti kami gulirkan ke masyarakat. Intinya kami ingin membantu program Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat, dengan tetap menjalankan protap sekaligus juga mengajak masyarakat agar tetap menjaga jarak, social distanching, psycal distancing dan stay at home,” ujar dia.

Dijelaskan, Satgas juga membuka donasi. Termasuk untuk pengadaan APD dan sembako yang akan disumbangkan ke rumah sakit dan masyarakat terdampak. (Arif)

Comment