by

Kabar Penggerebekan Disdukcapil Kabupaten Cirebon Beredar di Medsos

SUMBER, SC- Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon dikabarkan digerebek aparat keamanan dari Polda Jabar, Rabu (24/6/2020) sekira pukul 13.00 WIB. Kabar penggerebekan kantor pelayanan data kependudukan itu beredar luas di media sosial.

Informasi yang berhasil dihimpun Suara Cirebon menyebutkan, dalam giat tersebut aparat penegak hukum menggelandang lima petugas Disdukcapil ke Mako Polda Jabar. Tangkapan layar yang diterima Suara Cirebon tertulis lima nama pegawai Disdukcapil yang dikabarkan dibawa ke markas Kepolisian Daerah tersebut.

Kadisdukcapil, Drs Muhammad Syafrudin ketika dikonfirmasi mengaku belum mengetahui informasi tersebut. “Itu belum tahu informasinya, jadi hari Rabu pembukaan mulai dilakukan (untuk) perekaman e-KTP. Mulai Senin minggu depan kita mulai lagi menerima daftar antrean cetak di dinas,” ujarnya singkat.

BACA JUGA: Kejari Kabupaten Cirebon Kawal Anggaran Covid Rp124 M

Untuk diketahui, kasus yang menimpa di Disdukcapil Kabupaten Cirebon pernah terjadi pada tahun 2017 lalu. Saat itu, petugas keamanan yang melakukan penggerebekan adalah Tim Saber Pungli Kabupaten Cirebon. Dimana, tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai honorer, dan seorang kepala dusun berhasil ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Dalam OTT tersebut petugas menyita sejumlah uang dan barang bukti lainnya. OTT dilakukan menyusul adanya dugaan praktik pungutan liar dalam pembuatan akta kelahiran dan akta kematian. (Islah)

Comment