by

Menuju Desa Percontohan, Pemdes Tersana Publikasikan Data Penerima Bantuan Covid-19

PABEDILAN, SC- Sebagai bentuk pertanggungjawaban dan implementasi dari amanat Undang-Uundang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Pemerintah Desa (Pemdes) Tersana, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon melakukan publikasi data penerima bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak virus Corona menggunakan baliho yang dipajang di depan kantor desa setempat.

Sehingga, Kuwu Tersana, Sugendri mengatakan, data penerima bantuan dapat dilihat melalui baliho atau papan pengumuman yang ada di RT masing-masing. Bahkan, dengan dipublikasikannya daftar penerima bantuan yang diterima oleh Desa Tersana, diharapakan agar masyarakat dapat mengetahui mendapatkan bantuan dari sumber yang mana, sehingga tidak muncul kecurigaan bagi mayarakat yang tidak mendapatkan bantuan.

“Datar nama penerima bantuan sesuai hasil dari musyawarah yang dilakukan bersama unsur desa belum lama ini agar masyarakat mengetahuinya. Bahkan warga bisa mengecek datanya di RT masing-masing mendapatkan bantuan dari sumber yang mana,” jelasnya.

BACA JUGA: 149 Desa dari 40 Kecamatan di Kabupaten Cirebon Akan Diberlakukan PSBM

Dia memaparkan, daftar nama penerima bantuan yang tercatat, lanjut dia, merupakan warga dari RT 01 hingga RT 11. Sedangkan sumber bantuan yang didapat yaitu, seperti  BPNT, BPNT Perluasan, dan PKH sebanyak 455 KK, Kemensos RI sebanyak 56 KK,  BST Himbara sebanyak 2 KK, Bantuan Gubernur Jawa Barat sebanyak 683 KK, Bantuan dari Kabupaten Cirebon sebanyak 44 KK, dan Pemerataan BLT-DD sebanyak 178 KK.

Sementara data BLT-DD yang terdata, Sugendri menjelaskan, merupakan data sementara hingga menunggu data susulan. Sedangkan untuk warga yang telah terdata mendapatkan bantuan di Desa Tersana, sementara ini berjumlah sebanyak 1.415 KK.

“Bilamana ada masyarakat yang belum tercantum namanya agar melaporkan ke pihak RT setempat untuk didata ulang dan di masukan dalam Pemerataan BLT DD,” katanya.

Sekertaris Desa (Sekdes) Tersana, Gustaf Wicakseno mengungkapkan, pihaknya telah melakukan  keterbukaan dan transparansi tentang informasi penerima bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19. Dirinya berharap, masyarakat dapat menghargai kinerja pemerintah desa yang berusaha semaksimal mungkin untuk mensejahterakan masyarakat.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Jalan Penghubung Astanajapura-Pangenan Rusak

“Tenaga kami terbatas tatkala ada kekurangan dalam pendataan mohon dimaklumi. Data yang kami terima merupakan ajuan dari RT dan RW, jadi apabila warga belum terdata silahkan mengajukan kepihak desa dan dirinya siap mengajukan untuk mendapatkan dari sumber lain, terpenting bakal penerima merupakan warga Tersana,” ujarnya.

Menurut Gustaf, apa yang pihaknya lakukan agar masyarakat Tersana dapat bersama-sama ikut pro aktif dan mengevaluasi data yang dipublikasikan. Sehingga tujuan Desa Tersana menjadi desa percontohan di Kabupaten Cirebon dapat terwujud. (Baim)

Comment