by

Relawan Ajak Masyarakat Kota Cirebon Jalani Swab Tes

KOTA CIREBON, SC – Forum Peduli Lingkungan Hidup dan Budaya Caruban (FPLHBC) Cirebon mengajak masyarakat Kota Cirebon untuk menjalani rapid tes atau tes swab secara gratis di Gedung Diklat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Jl Dr Sudarsono, Kota Cirebon.

Sekjen FPLHBC Prabu Diaz mengatakan kepada Suara Cirebon, selama di masa pandemik Covid-19 Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengadakan swab tes atau rapid tes secara gratis. 

“Tetapi masyarakat, kami lihat tidak antusias jalani tes swab ini karena selalu tidak memenuhi target,”kata dia, usai menjalani tes, di BKKBN, Rabu (24/6/2020) Kota Cirebon.

BACA JUGA: Seks Bebas Menjadi Penyebab Meningkatnya Kasus HIV/AIDS di Kota Cirebon

Untuk itu, sebagai relawan dirinya merangkul berbagai komponen untuk menjalani tes swab ini, seperti dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan komponen masyarakat umum.

“Termasuk para guru-guru, Laskar  Macan Ali, KPU Kota Cirebon, tenaga pendidik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Anak Buah Kapal (ABK) kapal tangkap cumi PPN Kejawanan Cirebon. Tes swab ini hanya digelar sehari,” ujarnya.

Diakui Diaz, yang mengikuti tes swab di BKKBN sebanyak 121 orang yang menjalani tes swab, namun dari jumlah tersebut, hanya 60 persen yang datang 

“Kami hari ini mencoba mengundang mereka dan alhamdulillah, yang datang itu cuma 60%,”ujar dia.

Diaz berharap kepada masyarakat tidak perlu takut menjalani tes swab ini, kata dia tes swab harus perlu dilakukan, sebab untuk mengetahui terpapar Covid-19 atau tidak.

“Jadi demi kesehatan kita semua, rapid maupun swab itu tidak sakit karena saya sendiri sudah beberapa kali tes,” katanya.

BACA JUGA: Sepi Pengunjung, Keraton Kesepuhan Cirebon Tutup Lagi

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi mendukung tes swab massal tersebut. “Untuk hari ini yang ikut tes swab hanya unsur pimpinan KPU saja, sedangkan untuk jajaran lainnya masih banyak yang ragu-ragu,” ucapnya.

Ia memastikan tes swab ini, hanya pemeriksaan tes biasa, sehingga tidak perlu ditakuti oleh masyarakat Kota Cirebon atau anggota KPU.

“Tes swab ini hanya pemeriksaan biasa, tidak perlu takut, mumpung disiapkan sama pemerintah, ya harus dimaksimalkan, agar dapat diketahui, kita terpapar atau tidak,” pungkasnya. (M Surya)

Comment