by

Ujian Kenaikan Kelas Dilakukan di Rumah

MAJALENGKA, SC- Sudah  tiga bulan, tepatnya  sejak 16 Maret  lalu  siswa  di Kabupaten Majalengka belajar di rumah. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya pengurangan resiko penyebaran Covid-19 di kalangan siswa dan tenaga pendidik, sehingga seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh, termasuk dalam pelaksanaan ujian kenaikan kelas.

Ujian kenaikan kelas Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Majalengka mulai dilaksanakan sejak Senin (8/6/2020) kemarin dan akan berakhir beberapa hari mendatang.

Menurut Tatang, salah satu guru di Kecamatan Majalengka, ujian kenaikan kelas Tahun 2020 dilaksanakan di rumah masing-masing siswa. Soal ujiannya diambil oleh orang tua atau wali murid ke sekolah bersangkutan.

“Ujian kenaikan kelas tetap ada, tapi dikerjakan di rumah, soal diambil oleh orang tua siswa di sekolahnya,” katanya, Selasa (9/6/2020).

Rina, orang tua siswa SDN 3 Majalengka di tempat terpisah mengatakan, orangtua murid diminta hadir ke sekolah untuk mengambil soal-soal ujian kenaikan kelas anak-anak mereka.

“Dalam group WA orang tua siswa, guru wali kelas memberitahukan agar orang tua siswa mengambil soal ujian di sekolah untuk dikerjakan di rumah masing-masing,” katanya.

BACA JUGA: Program Ketahanan di Majalengka Pangan Mulai Dipanen

Proses pengerjaan soal kata Rina, sekolah tetap menerapkan standar protokol kesehatan, seperti  mengenakan masker. “Meski dikerjakan di rumah, siswa tetap diharuskan memakai masker dan itu,” jelasnya.

Rina berharap pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. “Semoga virus corona cepat hilang dan anak-anak bisa mulai beraktivitas normal kembali di sekolah,” harapnya. (Dins) 

Comment