by

Pelaksanaan Salat Idul Adha Di Masjid Raya At Taqwa Perhatikan Protokol Kesehatan Covid-19

KOTA CIREBON, SC- Penyelenggaraan salat Idul Adha di Masjid Raya At Taqwa Center Kota Cirebon, tetap menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Jamaah pun diwajibkan memakai masker.

Pantauan Suara Cirebon, panitia penyelenggara berjaga di setiap pintu masuk masjid, baik di depan ataupun di belakang. Panitia pun dibantu oleh petugas PSC 119 Kota Cirebon untuk mengecek suhu tubuh dan menyemprotkan hand sanitizer kepada jamaah sebelum memasuki area masjid.

Selain itu, petugas kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon terlihat berjaga-jaga, mengawasi jamaah yang ngantri untuk cek suhu tubuh.

Pada kesempatan itu, Walikota Cirebon, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon mengikuti pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon.

“Kita berkumpul untuk melaksanakan Salat idul Adha 10 Dzulhijah 1441 hijriah,” kata Walikota Cirebon Drs H. Nashrudin Azis, saat memberikan sambutan.

BACA JUGA: Pemotongan dan Penyaluran Daging Kurban di IAIN Cirebon Terapkan Protokoler Kesehatan

Namun, kata Wali Kota, Salat Idul Adha tahun ini berbeda pada tahun sebelumnya. Sebab bencana non alam secara global pandemi Covid-19 masih merebak.

“Ini tugas dan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat, di masa AKB ini bukan berarti covid-19 sudah mereda, tapi kita harus tetap waspada dan menjaga kesehatan dengan mengikuti aturan covid-19,” kata Azis.

Pada kesempatan baik ini, Azis meminta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Bahkan, tambah Azis, di masa pandemi Covid-19 ini, jajaran pemerintahan dari pusat sampai dengan daerah melalui Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 telah melakukan berbagai upaya secara intens, seperti menyalurkan bantuan ekonomi kepada masyarakat terdampak.

Bahkan, kata Wali Kota Cirebon, Pemda Kota Cirebon mengeluarkan Surat Edaran tentang tata cara pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa pandemi Covid-19.

“Kami menyadari segala sesuatu yang kami lakukan masih jauh dari kata sempurna,” papar Azis.

BACA JUGA: Rayakan Idul Adha 1441 Hijriah, Indocement Salurkan 153 Hewan Kurban

Di tempat yang sama Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At Taqwa Center Kota Cirebon, Ahmad Yani, mengatakan pelaksanaan Salat Idul Adha tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan baik.

“Kami sudah membuat shaff standar dengan protokol kesehatan covid,-19 dan tetap memakai masker selama pelaksanaan salat id berlangsung,” kata Yani. (M. Surya)

Comment