by

Pemdes Matangaji Bagikan BLT-DD Tahap 2

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap 2 kepada 147 Kepala Keluarga (KK) di kantor desa setempat, Selasa, (30/6).

Plt Kuwu Matangaji, Jono mengungkapkan, penerima manfaat akan mendapatkan Rp600 ribu per KK setiap bulannya selama tiga bulan. Hal tersebut sesuai aturan dan mekanisme yang sudah ditetapkan, seperti yang sudah tertuang dalam peraturan pemerintah, yaitu Permendes Nomor 6 Tahun 2020, PMK Nomor 50 Tahun 2020, dan Perbup Nomor 23 Tahun 2020.

“Penyaluran BLT-DD tahap 2  kami prioritaskan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah atau di bawah Uang Makan Regional (UMR) serta bagi manula atau jompo yang ada di Matangaji. Dengan demikian dapat meringankan beban ekonomi di masa pandemi virus Corona,” ujar Jono kepada Suara Cirebon.

Dalam penyaluran BLT-DD ini, kata dia, pihaknya hanya sekadar menindaklanjuti data yang diterima desa atas ajuan setiap RT bagi masyarakat yang memang layak mendapatkan bantuan. Dan hal tersebut sesuai dengan yang sudah disepakati saat musyawarah bersama semua pihak. 

“Data penerima manfaat di Desa Matangaji sebanyak 956 KK. Yang terdata  dari sumber Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 216 KK, Program Keluarga Harapan (PKH) 174 KK, perluasan PKH dan BPNT 117 KK, dari Bantuan Provinsi (Babprov) 162 KK,” ungkapnya.

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Cirebon: Wajar Bangunan Centra Batik Trusmi Tak Terurus

Kemudian, lanjut dia, warga yang terdata mendapatkan dari sumber Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementrian Sosial (Kemensos) 63 KK, Bantuan Kabupaten (Bankab) Cirebon 77 KK, dan BLT-DD sebanyak 147 KK.

“Alhamdulillah di dalam pelaksanaan penyaluran berbagai bantuan yang diterima Desa Matangaji dapat berjalan dengan kondusif,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dia mengimbau, bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan dari sumber lain diharapkan tetap bersabar. Pasalnya, semua masyarakat yang terdata mendapatkan bantuan, dipastikan akan mendapatkan giliran. Namun, hal itu menunggu pendistribusian dari pemerintah. 

Untuk itu, lanjut Jono, masyarakat diimbau agar menjaga kondusifitas dalam penyaluran berbagai macam bantuan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap menaati imbauan pemerintah di masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Islamic Center Akan Dibangun di Pejambon

Dia berharap, bantuan yang sudah diterima masyarakat ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban ekonomi mereka selama masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan tentunya masyarakat Matangaji di dalam proses penyaluran bansos. Sehingga kegiatan penyaluran bansos ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya. (Baim)

Comment