by

Sosialisasikan AKB dengan Bersepeda Santai

KOTA CIREBON, SC- Pandemi Covid-19 masih saja meneror seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga Kota Cirebon, bahkan selama Pandemi Covid-19 ini, banyak sektor yang merosot dari segi penghasilan.

Akan tetapi, untuk memulihkan kembali sektor-sektor yang merosot, khususnya di Pemda Kota Cirebon memberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau istilah lainnya new normal.

Untuk itu, Pemda Kota Cirebon terus melakukan berbagai upaya atau cara untuk mensosialisasikan AKB atau new normal kepada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi itu, termasuk dengan cara bersepeda santai yang diikuit oleh seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon dan para Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain jajaran Forkopimda, komunitas sepeda lipat Cirebon pun, ikut serta dalam mensosialisasikan AKB dan new normal.

Pantauan Suara Cirebon, mereka menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon. Sambil memberitahukan kepada masyarakat pentingnya menggunakan masker setiap keluar rumah serta memberikan masker bagi warga yang tidak menggunakannya.

“Kegiatan gowes ini merupakan salah satu upaya dari gugus tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kota Cirebon mensosialisasikan AKB atau new normal terus kami lakukan,”ungkap Walikota Cirebon Nashrudin Azis, di halaman Balaikota Cirebon, Jumat (10/7/2020) pagi.

Lanjut Azis, Sosialisasi sekaligus mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih ada dan belum berakhir. Sehingga walaupun saat ini sudah memasuki AKB dan dituntut untuk produktif, namun protokol kesehatan untuk pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 harus tetap dilakukan.

“Caranya, dengan tetap menggunakan masker, melakukan physical distancing serta sering-sering mencuci tangan. Dengan menjalankan protokol pencegahan Covid-19, kita terhindari dari paparan Covid-19,” ujar Azis.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Panggung Hiburan Hajatan di Kabupaten Cirebon Akhirnya Dibuka

Sementara itu Kasatpol PP Kota Cirebon, Drs. Andi Armawan, menjelaskan jika gowes bersama untuk sosilisasi berbahayanya Covid-19 di masa AKB akan dilakukan secara rutin. “Minggu depan juga tetap akan dilakukan dengan jumlah yang lebih banyak lagi,” ungkap Andi.

Mereka akan menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon sambil memberikan nasi untuk warga yang membutuhkan serta masker bagi warga yang belum menggunakannya. “Sambil memberikan masker kami juga akan meminta kepada mereka untuk rutin menggunakan masker setiap kali keluar rumah,” ungkap Andi. (M. Surya)

Comment