by

DPRD Kota Cirebon Tak Lakukan Lockdown

KOTA CIREBON, SC- Hasil tes swab yang dilakukan terhadap pimpinan, anggota dan pegawai di lingkungan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon menyebut salah seorang wakil ketua dewan yakni Fitria Pamungkaswati  terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan pun langsung melakukan isolasi madiri. 

Hal itu diungkapkan Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya saat menggelar konferensi pers di Gedung Griya Swala, Rabu (9/9/2020).

“Hasil komunikasi terakhir tadi pagi (kemarin. red), yang bersangkutan sudah isolasi mandiri karena memang tidak ada gejala sakit apa pun. Kami terus memberikan support penuh kepada Bu Fitria untuk bisa menjalani masa isolasi,” kata Agus kepada awak media.

Meski salah seorang pimpinan dewan terkonfirmasi positif Covid-19, namun Agus menegaskan tidak dilakukan lockdown dan seluruh kegiatan di kantor wakil rakyat Kota Cirebon itu akan tetap berjalan dengan sejumlah pembatasan.

“Anggota dewan tetap melaksanakan kegiatan, tetapi melalui virtual meeting, kecuali hal-hal tertentu yang memerlukan kehadiran fisik. Itupun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Agus.

BACA JUGA: Perubahan Status Lembaga Semakin Dekat, Sumanta: IAIN Cirebon Siap Menjadi UIN

Menurutnya, bentuk pencegahan lainnya agar tidak terjadi kluster baru, setiap dua kali dalam seminggu lingkungan sekitar DPRD Kota Cirebon akan dilakukan penyemprotan disinfektan

“Kami Cirebon sudah menyiapkan alat semprot disinfektan dan juga cairannya. Dalam seminggu dilakukan penyemprotan sebanyak dua kali,” ungkap Agus

Agus menyebut, DPRD Kota Cirebon telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di antaranya akses masuk ke gedung dewan yang hanya melalui satu pintu.

“Protokol kesehatan sebetulnya sudah kami lakukan dari Minggu kemarin, cuma hanya satu pintu untuk masuk ke gedung DPRD,” katanya.

BACA JUGA: Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Positif Covid-19

Agus menambahkan, pihaknya juga sudah melayangkan pemberitahuan kepada anggota DPRD dari luar daerah yang ingin berkoordinasi dengan DPRD Kota Cirebon.

“Kami sudah melayangkan surat pemberitahuan untuk sementara waktu mengalihkan lokus kegiatan tidak di DPRD Kota Cirebon. Untuk penerimaan tamu, kami usahakan persempit ada kontak dari luar,” tandasnya.  (M Surya)

Comment