by

Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, KPI IAIN Cirebon Edukasi Siswa dari Pengaruh Buruk Teknologi Informasi

CIREBON, SC- Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Memanfaatkan Teknologi Informasi yang Beradab Bagi Generasi Milenial” di Madrasah Aliyah (MA) Bina Cendikia Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Rabu (23/9/2020).

Ketua Jurusan KPI, H Aan Mohamad Burhanudin MA mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Tri dharma peguruan tinggi itukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga-tiganya ini harus kita wujudkan secara integratif bukan parsial. Maka pengabdian kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif bagi steakholder,” ucapnya.

BACA JUGA: Isi Kegiatan PBAK 2020, Dema FUAD IAIN Cirebon Paparkan Peran Kepada Maba

Kegiatan ini, Aan menjelaskan, memang difokuskan untuk siswa tingkat MA. Pasalnya, menurut dia, siswa di tingkat MA merupakan generasi milenial yang memang sangat rentan terhadap pengaruh buruk  dari teknologi informasi yang berkembang begitu pesat.

Di sisi lain, imbuh Aan, siswa MA juga sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan. Untuk itu, sambungnya, diharapkan siswa MA tidak terkontaminasi pengaruh buruk teknologi informasi.

Hal serupa diungkapkan Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Hajam MAg. Menurutnya, selain untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, dirinya juga menekankan kepada jurusan dan dosen agar memberikan pencerahan wawasan kepada masyarakat sesuai dengan keilmuannya.

BACA JUGA: Daftar Agenda Besar IAIN Cirebon, Tahun 2034 Jadi Destinasi Pendidikan Islam Dunia

“Kalau KPI ya memberikan pencerahan bagaimana IT komunikasi, supaya tidak terjerat oleh berita-berita hoaks,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan IAIN Syekh Nurjati Cirebon khususnya FUAD kepada masyarakat. Sehingga, minat untuk menempuh pendidikan di fakultas FUAD dapat semakin meningkatkan. (Abrin)

Comment