by

Kota Cirebon segera Miliki Jalur Khusus Sepeda

DENGAN menggunakan sepeda, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cirebon Andi Armawan mengecek enam ruas jalan protokol di Kota Cirebon yang direncanakan akan terdapat jalur khusus bagi pesepeda. Enam ruas jalan tersebut, di antaranya, Jalan Cipto, Siliwangi, Tentara Pelajar, Pemuda, Wahidin dan Jalan Kartini.

Mantan Kasatpol PP Kota Cirebon itu sangat optimistis, di awal tahun 2021 jalur sepeda dapat terealisasi. Sehingga, hal tersebut dapat mewujudkan keinginan para komunitas sepeda.

“Sebetulnya ini juga gagasan temen komunitas yang ingin difasilitasi dan dianggap tidak mengganggu jalan raya,” kata Andi Armawan, Rabu (23/9).

Andi mengakui, meski pada prosesnya jalur sepeda terpangkas oleh recofusing penanganan dan pencegahan Covid 19.

“Salah satu yang kena refocussing di Dishub untuk pengadaan jalur sepeda ini,” kata Andi.

Ia menambahkan, melalui Permenhub Nomor 59 tahun 2020 mengenai kesalamatan pesepeda dengan menyiapkan rambu-rambu bagi pengguna sepeda di Kota Cirebon.

“Saya sudah koordinasi dengan rekan-rekan terkait jalur sepeda, yang kemudian kita tindak tegas pengendara yang parkir liar di badan jalan,” ujarnya.

BCA JUGA: Peserta JPTP Ikuti Tahapan Tes Akhir

Jalur sepeda tersebut, menurt Andi, akan melewati sejumlah destinasi wisata di Kota Cirebon.

“Informasi yang kami dapat, akan ada replika Pedati Gede di depan BAT dan juga patung Kapten Samadikun. Ini menjadi satu rangkaian, tidak jauh dari sana ada pusat-pusat perbelanjaan juga yang lain,” pungkasnya. (M Surya)

Comment