by

Masuk Kategori Desa Mandiri di Jawa Barat, Tujuh Desa di Kabupaten Cirebon Terima Mobil Maskara

KABUPATEN CIREBON, SC- Tujuh desa di Kabupaten Cirebon mendapat Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) bantuan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Cirebon, H Imron, Minggu (20/9/2020).

Menurut Ridwan Kamil, pada tahun 2020 ini ada 120 desa di Jawa Barat yang mendapat bantuan mobil tersebut. Bantuan diberikan kepada desa-desa yang masuk kategori desa mandiri. Tujuannya, untuk menyemangati agar desa-desa di seluruh Jawa Barat naik kelas menjadi desa mandiri.

“Mobil ini khusus diberikan kepada desa mandiri. Kalau (desa mandiri, red) ibarat hotel itu, bintang lima,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil menuturkan, Maskara ini layaknya transformer yang bisa diubah bentuknya sesuai dengan kebutuhan. Maskara, menurut Emil, bisa digunakan untuk angkutan, panggung hiburan, nonton bareng dan kegiatan lainnya. Bahkan, lanjut Emil, di salah satu desa mobil maskara ini digunakan untuk panggung pernikahan. Sehingga, dengan adanya Maskara ini tidak ada lagi alasan bagi desa untuk tidak bisa membuat kegiatan karena alasan keterbatasan fasilitas.

“Karena mobil ini juga, sudah dilengkapi fasilitas pengeras suara dan proyektor,” jelas Emil.

Ditegaskan Emil, pihaknya juga akan menaikkan anggaran untuk desa-desa di Jawa Barat mulai tahun depan. Termasuk rencana pemerataan akses internet di seluruh desa. Dengan adanya kenaikan anggaran, diharapkan tumbuh inovasi di desa-desa.

“Pada tahun 2018 lalu desa sangat tertinggal masih dan desa tertinggal masih ada. Per tahun ini desa sangat tertinggal dan desa tertinggal sudah tidak ada. Ini menandakan semangat naik kelas menjadi desa mandiri cukup tinggi. Sehingga kita berikan mobil ini dengan seluas-luasnya,” ujarnya.

Sementara, Bupati Cirebon mengatakan, tujuh desa yang mendapatkan bantuan Maskara itu yakni Desa Ciawigajah, Ciledug Kulon, Babakan, Gegesik Kulon, Marikangen, Susukan dan Desa Prajawinangun Kulon. Menurut Imron, bantuan tersebut didapatkan melalui sejumlah penilaian. Sehingga desa yang mendapatkannya, juga merupakan desa yang terbaik.

BACA JUGA: Emil Ajak Penyintas Covid Sumbang Plasma Darah

“Jadi desa yang dapat bantuan ini sudah melalui penilaian,” kata Imron.

Imron berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah desa, baik untuk kepentingan desa ataupun masyarakat. Ia juga berharap, dengan bantuan tersebut, bisa memotivasi desa-desa lainnya di Kabupaten Cirebon untuk bisa meningkatkan prestasi, pelayanan serta pengembangan wilayah. (Islah)

Comment