by

FSEI IAIN Cirebon Lakukan Persiapan Akreditasi Prodi

CIREBON, SC- Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Neger (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan workshop persiapan akreditasi program studi (prodi), Senin (27/10/2020).

Kegiatan dengan tema ‘Tindak lanjut Laporan Evaluasi Diri (LED) 9 kriteria akreditasi pada program studi dan unit pelaksana program studi’ ini, dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Cirebon dan unsur pimpinan rektorat yang lain, termasuk Kepala Biro AUAK, serta civitas akademika FSEI juga tamu dari luar IAIN Cirebon.

Wakil Dekan 1, Bidang Akademik, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Edi Setiawan, menyampaikan  bahwa pada kegiatan ini terdapat tiga jurusan baru, yakni Akutansi Syariah, Ekonomi Syariah, dan Hukum Tata Negara. 

Ketiga jurusan ini, kata Edi, tengah menuju tahap akreditsi, yang sebelumnya baru pada tahap ijin operasional.  

“Jurusan ini sudah berjalan selama dua tahun dan baru ijin operasion dan saat ini tengah menuju tahap akreditasi, dengan target nilai, akreditasi A,” paparnya.

Edi menjelaskan, setelah dua tahun ini, kita wajib mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional, dan posisinya hari ini sedang kita lakukan. 

Edi juga menjelaskan, jika dalam  perkembangannya  diakuinya selama dua tahun ini, sangat baik. Terutama minat mahasiswa semakin terus bertambah. 

“Di tahun pertama tadinya hanya baru satu kelas namun sekarang sudah tiga kelas, ini perkembangan yang sangat baik,” jelasnya. 

Untuk itu kata Edi, dari perkembangan yang baik ini, tentunya institusi punya tanggungjawab untuk mengajukan akreditasi, karena ini sudah merupakan tanggungjawab institusi, jika tidak nanti tidak diakui oleh Badan Akreditasi Nasional.

“Pada tahapan akreditasi ini, hari ini sedang pada tahapan review dan malam direvisi, kemudian besoknya submit,” kata Edi Setiawan.

Sementara itu, Dekan FSEI IAIN SNJ Cirebon, Dr H Aan Jaelani M.Ag di dalam sambutannya meminta agar dua hari ini, tiga jurusan tersebut bisa segera difinalisasi. 

Sehingga tanggungjawab kita terhadap tiga jurusan tersebut selesai dan selanjutnya kita tinggal berdoa agar semuanya mendapat nilai akreditasi terbaik. (Arif)

Comment