by

IBI Kota Cirebon Launching HaloBid

KOTA CIREBON, SC- Selama wabah Covid-19 masih merebak, banyak ibu hamil yang takut berobat langsung ke klinik atau fasilitas kesehatan, untuk itu, Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cirebon launching pelayanan online HaloBid.

Dikatakan Ketua IBI Cabang Cirebon Kota, Hj Yeni Fitrianingsih SST MKes mengatakan pelayanan online HaloBid ini inisiatif dari pengurus daerah atau Provinsi Jawa Barat.

“Halobid itu program inisiatif dari pengurus daerah IBI jabar, pada dasarnya permasalahan krusialnya sehingga mengnisiatifkan ada layanan online, karena selama pandemi banyak ibu hamil yang takut datang langsung ke falkes,” kata Yeni kepada Suara Cirebon, Selasa (17/11).

Adanya pelayanan online HaloBid ini, upaya untuk  bisa mempermudah  ibu hamil saat merasakan keluhan, sehingga pelayanan konseling, bisa ditangain secara online.

“Yang bisa diakses itu hanya 6 bidan, dan nomer 6 bidan ini bisa diakses semua masyarakat, 6 bidan mempunyai nomer masing-masing,” katanya.

Sedangkan jika diperlukan adanya penanganan langsung atau pemeriksaan lanjutan dianjurkan datang langsung ke pukesmas. “Kalau hanya keluhan saja bisa melalui konseling HaloBid,” ujarnya.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Dinyatakan Lulus Jadi UIN, Tinggal Tunggu Kepres

Pelayanan online HaloBid ini, kata Yeni sudah diakese sejak bulan Agustus kemarin, namun belum disosialisasikan dan masih banyak yang belum tahu.

“Ya harapannya setelah launching, target nya semua layanan masyarakat di Kota Cirebon terlayani, jangan sampai ada yang bertanya kepada orang yang tidak berkompeten dengan tujuannya untuk menekan angka Kematian ibu dan anak,” kata Yeni.

Sementara Kadinkes Kota Cirebon dr Eddy Sugiarto sangat mengapresiasi launchingnya pelayanan online HaloBid dirinya berharap pelayanan HaloBid ini dapat mempermudah ibu-ibu hamil.

“Intinya informasi apapun dapat dinformasikan melalui online, dan mudadahan sukses karena ini launching yang pertama,” kata Eddy. (Surya)

Comment