by

Jaring Bakat Pelajar SMA dan Mahasiswa, HIMABI IAIN Cirebon Selenggarakan Barbagai Perlombaan

CIREBON, SC- Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan perlombaan membaca puisi, cipta puisi, dan menulis esai tingkat Jawa Barat.

Ketua umum HIMABI, Abdel Aziz menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam acara Festival Bulan Bahasa sekaligus memperingati hari lahir HIMABI kampus setempat yang ke-5.

“Tujuannya unyuk memperkenalkan HIMABI di Jawa Barat dan mencari potensi mahasiswa, khusunya di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Jawa Barat. Entah itu baca puisi, cipta puisi, maupun menulis esai,” jelas Abdel kepada Suara Cirebon, Rabu (18/11/2020).

Dia memaparkan, perlombaan tersebut terbagi dalam dua tingkatan, yaitu tingkat SMA dan mahasiswa. Untuk tingkat SMA yaitu perlombaan cipta puisi, sedangkan tingkat mahasiswa membaca puisi dan menulis esai.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Dinyatakan Lulus Jadi UIN, Tinggal Tunggu Kepres

“Pelaksanaannya dilaksanakan secara online, yaitu sejak 14 September sampai 10 November kemarin. Untuk pesertanya ada sekitar 80 yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat,” papar Abdel.

Dia mengaku, kegiatan ini memang rutin diadakan setiap tahunnya dalam rangka Festival Bulan Bahasa dan memeringati hari lahir HIMABI.

Bahkan, kata Abdel, pelaksanaan tahun 2020 ini pun mengalami peningkatan. Pasalnya, jika tahun 2019 kemarin dilaksanakan untuk tingkat wilayah III Cirebon, namun sekarang dilaksanakan tingkat Jawa Barat.

“Kegiatan ini memang dilakukan untuk menjaring potensi yang dimiliki pelajar maupun mahasiswa terkait Bahasa Indonesia. Semoga kegiatan ini bisa mencari dan memunculkan mahasiswa yang produktif dan berbakat dalam bidang sastra maupun menulis ilmiah,” tandasnya. (Arif)

Comment