by

Pemdes Jadimulya Gelar Sedekah Bumi

KABUPATEN CIREBON, SC- Meski masih dalam masa pandemi Covid-19 Desa Jadimulya, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon tetap menggelar kegiatan sedekah bumi, namun, kegiatan hanya digelar sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku karena demi melestarikan adat budaya yang sudah ada sejak dahulu.

Kuwu Jadimulya, Arkiman melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Hadi Usnarto mengatakan sedekah bumi adalah tradisi yang secara turun temurun yang terus dilestarikan masyarakat desa. Tradisi tersebut selain sebagai wujud ungkapan rasa syukur juga mengajarkan bahwa manusia harus hidup harmonis dengan alam.

BACA JUGA: Dicari Anak karena Dua Hari tak Pulang, Tukang Kebun Hotel Apita Ditemukan Meninggal Dalam Sumur

Sekdes Hadi Usnarto mengingatkan jangan sampai adat tradisi sedekah bumi warisan leluhur hilang sehingga sebagai penerus warisan bisa terus melestarikan dan mengenalkan tradisi ini kepada generasi muda yang sangat kaya akan budaya yang di dalamnya tersimpan makna yang luas,

Selain itu juga tradisi sedekah bumi merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi masyarakat Desa Jadimulya dengan duduk berkumpul membaca tahlil dan doa bersama akan semakin mempererat ukhuwah islamiyyah dengan harapan akan tetap kuat jalinan persatuan dan kesatuan hubungan antara Pemdes dan warga semakin erat, warga dengan warga akan terjalin komunikasi yang baik, semakin erat. (Vicky)

Comment