by

Pemkab akan Buat Lis Wartawan Bersertifikat UKW

KOTA CIREBON, SC – Pemerintah Kabupaten Cirebon akan membuat lis atau daftar wartawan yang sudah bersertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal itu disampaikan Kabag Humas Setda Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, usai mendampingi Bupati Cirebon, H Imron menghadiri acara pembukan UKW puluhan wartawan Cirebon di Hotel Grand Tryas, Sabtu (28/11/2020).

Menurut Nanan, lis wartawan itu akan diberikan ke semua pejabat mulai dari pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon hingga pejabat di tataran bawah, yakni pemerintah desa. Langkah tersebut dilakukan, menyusul pengalaman para pejabat yang kerap didatangi oknum-oknum wartawan.

Menurut Nanan, kedatangan oknum wartawan telah membuat para pejabat menjadi berat melaksanakan tugas di kantor.

“Nanti lis ini akan disampaikan ke desa-desa bahwa selain wartawan (yang sudah UKW) ini tidak usah dilayani. Ini untuk kenyamanan pejabat dari tingkat desa dan kabupaten,” kata Nanan.

Ia menjelaskan, lis wartawan yang sudah mengikuti UKW akan diterbitkan, ketika UKW sudah bisa dilaksanakan secara kontinu. Oleh karena itu, kata Nanan, penyelenggaraan UKW ini menjadi langkah yang sangat strategis termasuk bagi Pemkab Cirebon.

“Sesuai keinginan Pak Bupati, bahwa pemberitaan itu agar bisa menjaga profesi wartawan itu sendiri,” ujar Nanan.

Ia menambahkan, untuk bisa mewujudkan UKW, pihaknya bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mencoba menganggarkan melalui APBD tahun 2020. Karena, lanjut Nanan, anggaran yang dikeluarkan untuk UKW tidaklah sedikit. Artinya, peran dari perusahaan media di Cirebon belum tentu bisa menyokong terlaksananya UKW.

“Jadi, untuk keberlangsungan profesi wartawan ke depan, nanti kami minta dianggarkan lagi pada anggaran perubahan tahun 2021,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, H Imron mengatakan, UKW penting dilakukan untuk mengetahui kompetensi wartawan dalam menjalankan tugasnya. Menurut Bupati, UKW bisa menjadi tolok ukur sebagai wartawan profesional yang bisa menjaga kehormatan profesinya sendiri.

BACA JUGA: Ketua PWI Cirebon: UKW sebagai Pembeda

“Peran wartawan di Kabupaten Cirebon sangat dibutuhkan, utamanya untuk mengawal kemajuan pembangunan,” ujar Imron.

Ia berharap, keberadaan wartawan bukan hanya sekadar memberi informasi. Tapi, Wartawan juga harus bisa memberi solusi dari setiap persoalan yang akan terjadi di Kabupaten Cirebon. (Islah)

Comment