by

Polres Ciko Latih Satpam IAIN Cirebon

CIREBON, SC- Satuan Pengamanan (Satpam) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dilatih tanggap dan sigap dalam segala situasi. Pasalnya, Satpam menjadi garda depan dalam menjaga ketertiban dan kemanan di tempatnya bekerja.

Kepala Subbag Umum IAIN Cirebon, Hasyim menjelaskan, pelatihan Satpam telah digelar pihaknya selama dua hari, Minggu dan Sabtu (14-15/11). Kegiatan ini diikuti seluruh Satpam di lingkungan IAIN Cirebon, kecuali Satpam piket di hari tersebut.

Hasyim menjelaskan setidaknya ada 6 pokok materi yang dilatihkan pada program itu. Yakni Tupoksi dan Pelayanan Satpam, Turjawali Satpam dan Penanganan Kriminalitas, Tindakan Pertama Kejadian Perkara (TPKP), Etika dan Profesi Satpam dan Materi Lapangan PBB. Kesumua pokok materi diharapkan mamu meningkatkan kompetensi Satpam dalam tugasnya sebagai garda depan pengamanan kampus.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Dinyatakan Lulus Jadi UIN, Tinggal Tunggu Kepres

“Ini untuk melatih fisik dan mental Satpam. Fisik karena terdapat materi baris berbaris (PBB) yang melibatkan ketahanan fisik. Sedangkan melatih mental, Satpam diharapkan mempunyai disiplin yang kuat dalam bertugas,” ujar Hasyim.

Dia melanjutkan, instruktur dalam pelatihan tersebut didatangkan langsung dari unsur kepolisian Polres Ciko. Selain dapat menimba ilmu dari kepolisian, Satpam kampus juga bisa lebih dekat dengan polisi. Sehingga jika terjadi peristiwa mengancam tramtibmum Satpam dapat segera berkordinasi dengan pihak kepolisian.

“Karena tugas Satpam selain menjaga kondusivitas dalam kampus juga menjaga barang milik negara (BMN) yang ada di lingkungan kampus,” tegas Hasyim. (Arif)

Comment