by

Selenggarakan Seminar, HIMABI IAIN Cirebon Bahas BIPA dan Jurnalistik

CIREBON, SC- Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan seminar kepakaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Jurnalistik, Kamis (19/11/2020).

Ketua umum HIMABI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Abdel Aziz menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan secara online ini untuk menjalankan salah satu program kerja di HIMABI, yaitu memerkenalkan jurusan ini ke masyarakat.

“Bahwa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia di IAIN Syekh Nurjati Cirebon mempunyai mata kuliah pilihan di semester 5, yaitu mata Kuliah BIPA dan Jurnalistik. Tujuan khususnya untuk memberikan gambaran kepada semester 1 dan 3 agar tidak kebingungan dalam memilih 2 mata kuliah pilihan tersebut,” jelas Abdel kepada Suara Cirebon.

BACA JUGA: Optimis, Tahun 2021 IAIN Cirebon Jadi UIN

Dia memaparkan, seminar tersebut diisi para pemateri yang berkompeten di bidangnya. Seperti, materi BIPA dipaparkan oleh Sekretaris Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Dr Indrya Mulyaningsih MPd dan materi Jurnalistik diisi oleh dosen KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Arief Rachman SSos MSi.

“Pelaksanaannya dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, yaitu pada tanggal 18 November 2020, pukul 08:00-12:00 WIB,” papar Abdel.

Dia mengaku, walaupun kegiatan ini dikhususkan untuk Keluarga Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tetapi mahasiswa dari luar Tadris Bahasa Indonesia pun diperbolehkan mengikuti seminar tersebut.

Bahkan, lanjut Abdel, kegiatan seminar kepakaran BIPA dan Jurnalistik ini pun untuk menunjang “core business” di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia.

“Kegiatan ini memang dilakukan untuk bersinergi antara HIMABI dan Jurusan Tadris Bahasa Indonesia agar tercapainya visi dan misi, tujuan, dan profil lulusan,” tandasnya. (Arif/Ril)

Comment