by

Wakil Wali Kota Cirebon Support Program Budi Daya Lele

KOTA CIREBON, SC- Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati memberikan apresiasi dan sangat mendukung atas upaya program ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 oleh kelompok pembudidaya ikan mandiri di Kedung Mendeng Rw 03 Kel. Argasunya, Kota Cirebon. 

Menurutnya, upaya dan inisiatif yang dilakukan sekelompok masyarakat RW 3 Kedung Mendeng dapat menjadi contoh untuk kelompok masyarakat lainnya terlebih di Kota Cirebon.

Wawali juga menilai, kegiatan ketahanan pangan di RW 3 ini dengan berbudidaya ikan lele dinilai sudah cukup baik, karena sudah ada transaksi. “Artinya sudah berhasil menerapkan ketahanan pangan dan membuahkan hasil,” kata Eti, Rabu (18/11).

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Cirebon: Hak Demokrasi Harus Dikawal

Pemilihan jenis ikan lele, menurut Eti sangat tepat sekali, karena dipasaran ikan lele harga ikan lele dipasaran cukup tinggi dan ditambah kelompok pembudidaya ikan mandiri di Kedung Mendeng sudah bisa dikatakan menjadi suplayer pada beberapa pengepul ikan lele. 

“Pemerintah Kota Cirebon ke depan melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Cirebonakan membentuk penambahan untuk bisa mengembangkan ini, kelompok masyarakat Kedung Mendeng menjadi beberapa kelompok atau pemerkaran mandiri,” jelasnya. 

Untuk mengangkat ketahanan pangan khususnya pada tingkat keluarga, terutama di era pendemi ini lanjut Eti menjadi fokus utama dari program Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon. 

Sementara itu, Pembina Kelompok Masyarakat Kedung Mendeng Rulliyanto menceritakan awal mula pembudidayaan secara mandiri dari keinginan masyarakat. 

BACA JUGA: Optimis, Tahun 2021 IAIN Cirebon Jadi UIN

“Kita menemukan sistem yang alhamdulillah semua anggota yang tergabung dalam pembinaan kelompok masyarakat menbisa merasakan hasil panennya, dari mulai sangkal kemudian setelah besar kita jual ke pengepul untuk menambah kos produksi membeli bibit baru,” kata Rully

Ia berharap keberhasilan kelompok binaannya bisa menjadi contoh bagi wilayah lain, untuk ikut menerapkan ketahanan pangan sampai dengan panennya. Bukan hanya dengan pembudidayaan ikan namun bisa dengan penanaman bibit sayuran dan lainnya. (Surya)

Comment