by

Ambulu Peringkat 22 Desa BRILian Tingkat Nasional

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Ambulu, Kecamatam Losari, Kabupten Cirebon menjadi salah satu desa BRILian tingkat nasional dan meraih peringkat ke-22, dalam program Bank Republik Indonesia (BRI) bekerjasama dengan Kementerian Desa untuk meningkatkan ekonomi desa selama pandemi Covid-19 melalui BUMDes.

Kuwu Ambulu, Sunaji mengungkapkan desa BRILian merupakan Program BRI dalam mencari desa potensial sebagai desa binaan BRI, suatu desa  disebut desa BRILian apabila desa tersebut memenuhi beberapa kriteria dalam meningkatkan dan memulihkan ekonomi desa terlebih di masa Pandemi, seperti memiliki BUMDes yang inovatif dalam memecahkan isu sosial dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan desa yang telah menerapkan digitalisasi. 

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, berbagai kegiatan diadakan seperti memberikan literasi dan pelatihan, kemudian menilai kecakapan desa-desa terpilih atas upayanya untuk tetap maju dan berinovasi selama pandemi. 

Menurutnya, dari 531 desa se Indonesia yang diseleksi BRI untuk ikut  dalam program Desa BRILian 2020. Dari jumlah tersebut dilakukan seleksi kembali hingga terpilih 125 desa kemudian mengikuti pelatihan dan program peningkatan kapasitas secara daring, untuk menentukan 10 desa paling unggul.

“Alhamdulillah, kami (Desa Ambulu) meraih peringkat 22, tentunya ini sangat membanggakan, pasalnya kami bisa membawa harum Kabupaten Cirebon sebagai salah satu nominator Desa BRILian 2020 tingkat nasional,” ujar Sunaji kepada Suara Cirebon, Sabtu (05/12/2020).

Masih dikatakan Sunaji, BUMDes Ambulu Maju, merupakan salah satu penggerak perekonomian di Desa Ambulu dengan prestasi yang diraih saat ini menjadi tonggak awal untuk mengawal perekonomian desa lebih baik ke depannya.

“Kami bersama jajaran BUMDes, akan terus berinovasi dalam menciptakan program kerja yang dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat desa, wacana kami akan membangun Home Stay di lokasi Wisata Mangrove Caplok Barong,” tandas Sunaji.

BACA JUGA: “Kotaku” Desa Ambulu Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Sunaji pun mengatakan raihan yang didapat Desa Ambulu ini tentunya  akan meningkatkan kerjasama dengan BRI akan semakin baik lagi, mudah- mudahan kerja sama yang sudah terbina dengan BRI akan mampu menggerakan ekonomi masyarakat Desa Ambulu, dan dapat menciptakan peluang usaha dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan meningkat.  

“Saatnya kita bangkit menuju desa  MAJU,  Mandiri, Aman, Jujur, dan Unggul sesuai dengan Visi dan Misi Desa Ambulu,” pungkas Sunaji. (Baim) 

Comment