by

Pemkot Perpanjang Sewa Hotel “Isolasi”

KOTA CIREBON, SC- Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Satuan tugas (Satgas) Covid-19 berencana akan memperpanjang sewa dua hotel yang selama ini dijadikan tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19, yakni Hotel Ono’s dan Langensari yang batas sewanya berakhir bulan Desember ini. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19.

“Insyaallah kami akan memperpanjang sewa hotel, kita lihat sebulan dulu, Januari kita perpanjang Hotel Ono’s ataupun Langensari,” kata Agus, usai rapat paripurna, Senin (14/12/2020).

Agus menuturkan, pihaknya bersama tim Satgas Covid-19 sudah mendiskusikan alokasi anggaran dana untuk memperpanjang sewa kedua hotel tersebut.

“Termasuk sarana dan prasarana, kemudian tenaga kesehatannya sudah disiapkan. Sementara perpanjang sewa ini pakai anggaran Dinas Kesehatan,” kata Agus.

Anggaran yang disiapkan Satgas covid-19 Kota Cirebon untuk perpanjangan sewa hotel itu, menurut Agus, sebesar Rp2 miliar. Rinciannya, lanjut Agus,  Rp1,6 miliar dari dana tersebut, untuk akomodasi tenaga kesehatan dan APD.

“Sekitar Rp500 juta untuk tambahan testing. Ini dari anggaran rutin Dinas Kesehatan, kita perpanjang satu bulan saja,” sambungnya.

Sekadar diketahui, sejak Oktober lalu Pemkot Cirebon bekerja sama dengan dua hotel, yakni Ono’s dan Langensari sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19. Kontrak penyewaan berdurasi dua bulan dan Desember ini kontrak penyewaan bakal selesai.

BACA JUGA: Refleksi Dua Tahun Azis-Eti

Dua hotel tersebut menyediakan 92 kamar, dengan rincian Hotel Ono’s menyewakan 52 kamarnya dan Langensari 40 kamar. Perpanjangan penyewaan hotel sebagai tempat isolasi, mengingat saat ini kasus Covid-19 di Kota Cirebon masih tinggi.

Dari data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kota Cirebon melalui covid19.cirebonkota.go.id menyebutkan hingga Minggu (13/12/2020) kasus pasien positif COVID-19 mencapai 1.640 orang. Sebanyak 1.026 pasien berhasil sembuh, 550 pasien masih menjalani isolasi dan perawatan. Dan, 64 pasien meninggal dunia. (Surya)

Comment