by

Wawali: Semua Gereja Patuhi Prokes

KOTA CIREBON, SC – Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati memastikan seluruh gereja di Kota Cirebon, pada perayaan natal 2020 dimasa Pandemi Covid-19 ini telah mempatuhi protokol kesehatan (Prokes).

Hal ini terbukti, setelah Eti dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan dlDaerah (Forkopimda) Kota Cirebon melakukan monitoring ke empat gereja di Kota Cirebon, yakni gereja Filadelfia Kedurunan Cirebon, gereja katolik Santo Yusuf, gereja Pengampon, dan gereja katolik Bunda Maria.

“Alhamdulillah ke empat gereja sudah menerapkan protokol kesehatan semua. Saya lihat semuanya sudah siap, ada yang pelaksanaan ibadahnya sekarang, ada yang besok,” kata Eti kepada wartawan usai melakukan monitoring, Kamis malam (24/12/2020).

Pada natal tahun 2020 ini, kata Eti, suasana terasa berbeda dengan perayaan natal ditahun-tahun sebelumnya. Tidak semua masyarakat yang beragama kristiani dapat hadir di gereja, terlebih balita dan lansia. “Situasi dan kondisi masih pandemi Covid-19, jadi perayaan natal dibatasi. Tidak semua umat bisa hadir, ini demi keselamatan kita, dan mencegah wabah Covid-19,” jelas Eti.

Meskipun dibatasi, esensi perayaan natal ditengah pandemi Covid-19 ini akan tetap terasa. Karena setiap gereja yang melaksanakan ibadah natal telah menerapkan virtual. Eti berharap, pada perayaan natal tahun 2020 dan pergantian tahun baru 2021 nanti masyarakat Kota Cirebon dapat memaklumi dan memahaminya. Terlebih kasus Covid-19 belum menunjukkan adanya penurunan.

“Untuk perayaan natal, sudah terpantau aman dan semuanya menerapkan prokes. Tapi di pergantian tahun baru nanti, saya harap masyarakat Kota Cirebon dapat memaklumi yah. Tahun baruannya di rumah saja yah,” pungkasnya. (Surya)

Comment