by

Komisi VIII DPR RI Tinjau Lokasi Bencana

MAJALENGKA, SC- Komisi VIIII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka. Selain meninjau bencana pergerakan tanah di Kecamatan Sidamukti, rombongan wakil rakyat ini juga menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam di Majalengka. ‚ÄĆKedatangan rombongan Komisi VIII diterima oleh Bupati Majalengka H. Karna Sobahi di Pendopo Gedung Negara Kabupaten Majalengka, Rabu (27/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Karna Sobahi, menjelaskan Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana. Karena topografi dataran tinggi pegunungan di wilayah selatan yang rawan bencana alam longsor dan pergerakan tanah dan wilayah utara yang langganan banjir. Untuk itu, Pemkab Majalengka telah beberapa kali mendektesi pergerakan tanah dengan mendatangkan ahli geologi dari ITB Bandung.

“Ini merupakan salah satu antisipasi dari pemerintah untuk pergerakan tanah yang sering terjadi di Kecamatan Malausma dan Lemahsugih,” kata Karna Sobahi.

Ketua Rombongan Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq menjelaskan bahwa kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka untuk meninjau lokasi bencana alam pergerakan tanah di Kecamatan Lemah sugih. 

“Kami juga menanyakan sejauh mana kesiapan Pemkab Majalengka dalam mengantisipasi dan penanganan terjadinya bencana alam di Kabupaten Majalengka,” ucapnya.

BACA JUGA: Pergerakan Tanah Makin Mengkhawatirkan

Selain itu tambahnya, Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan sosial untuk penangana bencana alam di Kabupaten Majalengka, sebesar Rp 132.717.795,

Bantuan terdiri dari makanan siap saji sebanyak 220 paket, makanan anak 160 paket,  Kidsware 20 paket, Foodware 45 paket,  peralatan dapur 45 paket, tenda gulung 45 unit, kasur 45 unit, selimut 45 lembar, matras 50 unit dan velbed 25 unit. (Dins) 

Comment