by

DLH Kota Cirebon Gencar Sisir TPS Liar

KOTA CIREBON, SC- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menambah petugas penyapu jalanan. Hal itu dilakukan guna mewujudkan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon yakni bersih sehati.

Bertambahnya pasukan oranye ini, salah satu upaya dalam mewujudkan Kota Cirebon yang bersih. Bukan hanya itu, DLH Kota Cirebon pun gencar melakukan pembersihan TPS liar di setiap ruas jalan di Kota Cirebon.

Tugas pasukan oranye menyisir TPS liar disetiap ruas jalan protokol Kota Cirebon, seperti Jalan Dr Ciptomangunkusumo, Jalan Wahidin, Jalan Kartini dan Jalan Siliwangi.

Kepala DLH Kota Cirebon, Kadini mengakui, masih banyak TPS liar di Kota Cirebon, sehingga kegiatan bersih-bersih lingkungan oleh intansinya ini terus gencar dilakukan.

“Masih banyak TPS liar di Kota Cirebon, jadi kita tambah petugas sapu jalanan untuk menyisir TPS liar. Sementara di (Jalan) Cipto dulu,” kata Kadini kepada Suara Cirebon, saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Selasa (2/2/2021).

Ke depannya, kata Kadini, menyesuaikan kebutuhan luas wilayah Kota Cirebon tidak kemungkinan DLH akan menambah petugas sapu jalanan kembali.

“Tim atau petugas sapu jalanan itu ada di dalamnya ada beberapa tim. Ada pengangkut, sopir dan tim sapu jalan, juga tim pengawas, itu totalnya sekitar 65 orang. DLH masih butuh tim di lapangan untuk menyesuaikan wilayah Kota Cirebon,” ujarnya.

Dijelaskan Kadini, penyisiran  TPS liar ini, akan terus dilakukan secara intens. Untuk penyisiran TPS liar ini, pihaknya pun sedang membuat peta, wilayah mana saja yang banyak TPS liar.

“Dua hari atau tiga hari kedepan penyisiran TPS ini akan berlanjut ke ruas jalan yang lain. Kita sedang membuat peta wilayah mana saja yang ada TPS liar, akan kami bereskan,melalui pasukan oranye yang kita miliki,” katanya.

BACA JUGA: BKAD Lapor ke Sekda, Dugaan Penggelapan Sewa Tanah Pemda Ingin Ditangani Inspektorat

Ditegaskan Kadini, dalam menjaga lingkungan bersih di Kota Cirebon, dirinya butuh dukungan semua unsur masyarakat.

“Ya sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, Kota Cirebon itu harus bersih sehati, dan ini perlu dukungan seluruh unsur masyarakat,” pungkasnya. (Surya)

Comment