by

Hari Ini Nakes Puskesmas Kedawung Divaksin Covid-19

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebanyak 51 dosis vaksin Covid-19 yang didistribusikan dari Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon tiba di Puskesmas Kedawung, Jumat (29/1/2021). Vaksin Covid-19 diterima secara langsung Kepala Puskesmas Kedawung, Hj Sumiati didampingi Camat Kedawung, Teguh Supriyadi, serta Kapolsek dan Danramil setempat.

Kepala Puskesmas Kedawung, Hj Sumiati mengatakan, dengan akan divaksinasinya tenaga kesehatan (nakes), diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 khususnya di kalangan nakes yang jadi garda terdepan dalam perang melawan wabah ini. Terlebih Kecamatan Kedawung itu ranking 1 di Kabupaten Cirebon dan sampai sekarang ini masih masuk zona merah, bahkan ada beberapa nakes kita yang terpapar,” kata Sumiati.

Ia menyebut, total vaksin yang diterima di tahap pertama berjumlah 51 dosis. Menurutnya, penyuntikan vaksin akan dilakukan dalam dua tahap karena jumlah nakes yang divaksin cukup banyak.

“Kita bagi menjadi dua tahap yaitu di hari Senin (hari ini, red) dan Selasa (besok),” ujarnya.

Sumiati menyebut, sejak kasus corona merebak hingga akhir Desember 2020 kemarin, jumlah terpapar Covid-19 di wilayah Puskesmas Kedawung sebanyak 426 kasus. Pihaknya telah membentuk tim satgas tingkat kecamatan, tingkat desa dan tingkat puskesmas, agar bisa dilakukan penanganan secara cepat dan tepat.

“Jadi kita juga ada surveillance (pengawas) yang bekerja sama dengan bidan desa dan RT/RW dimana seandainya ada pasien yang terpapar,  bisa kontak langsung ke kami ataupun ke tim satgas kecamatan atau pun desa. Selain itu juga kami selalu mobile penyuluhan ke desa-desa,” paparnya.

Menurutnya, dari total 426 kasus, saat tinggal 90 orang yang masih dalam pantaun timnya.

“Ada yang dirawat di rumah sakit, ada juga yang di Radiant dan ada juga yang isolasi mandiri di rumah dan alhamdulilah sudah banyak yang sembuh. Jadi kesadaran masyarakat mematuhi aturan pemerintah sudah banyak yang melakukan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Tahap I Tiba, Kabupaten Cirebon Terima 13.400 Dosis

Sumiati berharap masyarakat antusias menyambut vaksinasi agar terjadi perlindungan tubuh yang lebih tinggi dan Covid segera berlalu.

“Supaya bisa beraktivitas normal kembali saya berpesan kepada seluruh masyarakat tetap patuhi Prokes,” pungkasnya. (Vicky)

Comment