by

Pariwisata Kuningan Ekspose di Kemenparekraf

BERTEMPAT di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), H. Sandiaga Salahudin Uno melakukan audiensi dengan sejumlah kepala daerah, salah satunya adalah Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, kepala daerah memaparkan potensi wisata daerah serta program masing-masing. Menparekraf, Sandiaga Uno, ternyata sangat paham seluk beluk wisata di Kabupaten Kuningan.

Berada di kaki Gunung tertinggi di Jawa barat, Kabupaten Kuningan memiliki geografis yang menunjang dalam hal pemanfaatan keindahan alam sebagai daya tarik wisata. Hal tersebut terbukti dengan catatan kunjungan wisatawan ke Kuningan sebelum pandemik mencapai 4,7 juta jiwa dan berkurang hampir setengahnya di era pandemik. Hal tersebut membuktikan bahwa Kuningan masih menjadi alternatif tujuan masyarakat untuk berlibur.

Di hadapan Sandiaga Uno, Bupati Acep menyampaikan terkait zona prioritas pembanguan daerah wisata di Kuningan untuk mewujudkan sebuah integrasi daerah pariwisata di Kuningan atau dikenal dengan sebutan daerah wisata unggul dan terpadu.

“Kuningan saat ini memiliki 100 desa pinunjul dan 25 desa wisata. Bahkan, untuk desa wisata, saat ini akan bertambah lagi menjadi 45. Untuk itu, demi menunjang wisata-wisata di Kuningan tentunya harus ada sinergisitas antara desa, pemerintah daerah, provinsi hingga pusat. Baik dalam hal pembangunan, pengembangan hingga ekspose tempat wisata tersesbut,” ungkap Acep Purnama.

BACA JUGA: Waduk Cileuweung Multi Manfaat

Usai Bupati Acep selesai mengekspose wisata Kuninga, Menparekraf Sandiaga Uno berjanji akan membantu beberapa daya tarik wisata di Kuningan termasuk dengan pengembangan ekonomi kreatif di Kuningan.

“Oke, pasti saya bantu untuk pengembangan wisata di Kuningan. Saya dulu sering ke Kuningan, dan mengunjungi kawasan wisata-wisata di Kuningan sambil lari atau bersepeda. Ada Pani’is, Palutungan Cisantana, Waduk Darma, Linggarjati dan Cibuntu yang menjadi wisata internasional. Insya Allah pasti saya bantu, bahkan jika memang Kuningan memerlukan investor untuk pengembangan daerah lainnya, saya bisa merekomendasikannya,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga Uno juga berjanji untuk hadir ke kota kuda, untuk kunjungan kerjanya sebagai menteri. Bahkan, besar kemungkinan dia juga akan ikut memeriahkan Event Tour de Linggarjati yang selalu diselenggarakan oleh Pemerintan Kabupaten Kuningan, dengan mengikuti event balap sepeda yang menjadi rangkaian acaranya. (Aqeel)

Comment