by

Puskesmas Plered Ajak Lintas Sektor Sinergi

KABUPATEN CIREBON, SC- UPT Puskesmas Plered, Kabupaten Cirebon mengadakan lokakarya mini tri bulanan tingkat Kecamatan Plered, Selasa (23/2/2021). Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Plered Hardomo, Kapolsek Plered, Danramil, para kuwu binaan Puskesmas Plered dan tamu undangan lainnya.

Kepala Puskesmas Plered, dr Dewi Waskito Ningtiyas menjelaskan, lokakarya tri bulanan tersebut yang pertama di tahun 2021.

“Isi dari kegiatan lokakarya ini adalah evaluasi kegiatan pada tahun lalu. Kita sampaikan kepada lintas sector. Kemudian kami ada dinamika kelompok di sini ,jadi kita melemparkan masalah yang ada di puskesmas kami tentang masalah kesehatan terutama,” kata Dewi kepada Suara Cirebon.

Pihaknya meminta kepada lintas sektor membuat group untuk menyelesaikan masalah satu per satu.

“Contohnya seperti masalah screening kepada usia produktif, karena kita masih kurang untuk pos bindu dan ini tadi saya lemparkan kepada para kuwu bagaimana pos bindu ini? Kurang apakah mereka bisa menambahkannya sekarang karena kami memiliki satu pos bindu per desa nya,” ujarnya.

Dalam lokakarya tersebut, lanjut Dewi mengemuka jika screening harus dilakukan satu tahun sekali kepada usia produktif dari usia 15 tahun sampai usia 59 tahun.

“Kemudian kalau dilaksanakannya hanya satu pos bindu saja satu desa, sepertinya kurang dan kami ingin pos bindu ini terintegrasi dengan posyandu jadi lebih mendekatkan diri ke masyarakat,” jelasnya.

Kemudian menurutnya, ada kegiatan penggalangan komitmen kepada lintas sektor .

“Jadi di sini kami minta komitmen dari lintas sektor untuk membantu kegiatan pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat, entah dalam bentuk apa yang bisa mereka silangkan, nanti mereka ngasih masukan apa dan apa yang bisa mereka lakukan untuk kita di puskesmas,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, di awal tahun ini lintas sektor itu benar-benar tahu masalah kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Plered khususnya dan apa yang bisa mereka lakukan untuk menanggulangi masalah kesehatan tersebut.

“Ada juga beberapa penyampaian yang kita sosialisasi kan salah satunya adalah tentang vaksinasi Covid-19,” katanya.

BACA JUGA: Atalia Ajak Anggota Pramuka Cintai Alam

Dewi berharap dengan  mengundang mereka agar  bisa memberikan masukan dan komitmen penanganan permasalahan kesehatan di wilayah Puskesmas Plered.

“Agar bisa teratasi dengan baik dan kemudian juga cakupan-cakupan pelayanan kesehatan juga bisa meningkat sehingga bisa meningkatkan cakupan SPM,” pungkasnya. (Vicky/Narsita)

Comment