by

Poros Jati Jaring Atlet Berbakat, IAIN Cirebon akan Kirim Full Tim ke OASE 2021

CIREBON, SC- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menyelenggarakan Pekan Orientasi Riset Olahraga dan Seni (Poros Jati), Senin (20/9/2021).

Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Ilman Nafi’a MAg menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program kampus setempat untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa serta menjaring bibit unggul yang dapat mewakili IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk berkompetisi dalam berbagai event.

“Poros Jati ini diprioritaskan merekrut mahasiswa dalam berbagai kegiatan, seperti Pionir (Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset), PBAK (Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa) serta kegiatan lain yang menyangkut olahraga, seni, dan karya ilmiah,” katanya.

Ilman memaparkan, ada 28 cabang dan 15 kategori yang dilombakan dalam kegiatan Pros Jati ini yang terkait olaharaga, seni, dan karya ilmiah.

“Alhamdulillah minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa. Untuk pemenangnya, nanti akan dilakukan pembinaan dan pemantapan untuk persiapan dalam menghadapi perlombaan pada event-event antar kampus selanjutnya mewakili IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” paparnya.

Seperti, kata Ilman, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengikuti Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) di Aceh pada November 2021 mendatang.

“Targetnya kita jadi juara. Kita sebenarnya belum pernah mengikuti OASE, tapi tahun ini kita akan mengikutinya. Kita sudah melakukan persiapan dan akan mengirimkan atlet kami di semua cabang perlombaan. Kita akan kirim full,” ujarnya.

Ilman mengungkapkan, Poros Jati ini sebenarnya kegiatan pendukung pada peringatan disnatalis IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada 12 Agustus 2021 lalu. Untuk itu, kegiatan ini pun seharusnya dilaksanakan sebelum tanggal tersebut.

“Tetapi, karena saat ini masih dalam situasi pandemi, akhirnya dilaksanakan acara puncak terlebih dahulu, yaitu sidang senat terbuka dan acara pendukungnya dilaksanakan setelah acara puncak tersebut,” terangnya.

Dia berharap, melalui kegiatan Poros Jati ini, pihaknya dapat menemukan bibit unggul yang dapat berprestasi untuk mengharumkan nama IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada event-event perlombaan, baik tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

“Harapnnya kami dapat menemukan bibit yang bagus untuk dibina dan menjadi perwakilan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam berbagai perlombaan dan mengharumkan kampus ini,” tandas Ilman. (Arif)

Comment

News Feed